Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

WTC Di Terjang Puting Beliung “Puluhan Rumah Warga Di 2 Kecamatan Rusak”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon – Badai puting beliung melanda puluhan rumah warga di 2 Kecamatan Lemahabang dan Karangsembung. Sejumlah 50 rumah warga di Dusun 04 Blok Pajaten Desa Sarajaya Kecamatan Lemahabang dan 16 rumah di Dusun 02 Blok Pamaron Desa Karangmekar Kecamatan Karangsembung, mengalami rusak ringan dan rusak sedang akibat dihantam badai puting beliung, Jum’at (04/12/2020).

Peristiwa tersebut terjadi sekitar Pukul 15.00 Wib. Tepatnya saat curah hujan lebat yang mengguyur di dua desa di barengi angin kencang (badai) mengakibatkan kerusakan pada bagian atap, bangunan rumah lainnya juga beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga serta jaringan Listrik/Telkom. Jelas Kuwu Rudiyana desa Sarajaya.

Diapun menjelaskan, dari kejadian itu beberapa warga dan kuwu di dua lokasi kejadian, jajaran anggota kepolisian dari Polsek Lemahabang, Polsek Karangsembung dan Tim dari BPBD Kabupaten Cirebon sudah berada dilokasi untuk melakukan pengamanan lokasi mensterilkan puing-puing pohon yang tumbang menimpa sarana jaringan Listrik dan Telkom. Diperkirakan adanya kejadian tersebut, kerugian materi untuk di Desa Sarajaya  mencapai 70 juta, sedangkan untuk di Desa Karangmekar sendiri diperkirakan sekitar puluhan juta rupiah.

” Kami merasa prihatin atas musibah yang menimpa warganya yang bermukim di Blok Pajaten. Karena dalam kejaduan itu, terdapat 2 rumah warga mengalami kerusakan sedang dan 48 rumah mengalami rusak ringan akibat peristiwa puting beliung yang terjadi pada sore hari kemarin.” ungkapnya.

Sedangkan melalui telepon selulernya, Kuwu Desa Karangmekar, Rusmanto pun turut mengungkapkan keprihatinannya atas musibah yang menimpa 16 rumah warganya yang berada di Blok Pamaron. Untuk itu, langkah pemerintah desa akan segera melakukan pengecekan dan pendataan terhadap keluarga korban akibat badai puting beliung yang selanjutnya akan dikoordinasikan dan dilaporkan ke Pemerintah Kecamatan Karangsembung juga Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon. 

”Untuk sementara ini kami sudah berkoordinasi dengan Unsur Muspika, besok dari BPBD juga akan turun untuk melakukan tindaklanjut ke lokasi kejadian,” Jelas kuwu Rusmanto. (Red/*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat