Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Wisata Mangrove Caplok Barong Desa Ambulu “Primadona Wisata Cirebon Timur”j

ToyaCirebonOnline.com

Kab. CIREBON, Losari – Wisata Mangrove Caplok Barong dengan panjang kurang lebih 300 meter, menjadi primadona wisata di bagian Cirebon Timur, salah satu wisata yang lokasinya merupakan perbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah. Dan, Mangrove Caplok Barong di Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon mempunyai daya tarik tersendiri untuk mendorong kemajuan pertumbuhan ekonomi bagi warga sekitar.

Disampaikan ketua Bumdes Desa Ambulu Joharudin juga sebagai salah satu pengelola Mangrove Caplok Barong. Kini, wisata mangrove ramai didatangi pengunjung dari berbagai daerah di wilayah III Cirebon, Jawa Barat dan Jawa tengah. Dan, kamipun tetap terapkan protokoler Covid 19.
“Alhamdulillah, jumlah pengunjung terus bertambah, apalagi di momen hari libur seperti hari minggu sekarang ini, pengunjung bisa mencapai 500 lebih dengan harga tiket Rp.5000,- per hari. Namun kalau pada hari normal paling antara dapat Rp 500 ribu sampai 700 ribu per hari. Walaupun masih dampak pandemi Covid -19,” Jelas Joharudin kepada CirebonOnline.com.Minggu (11/10/2020).

Selain itu, Dia menuturkan, masih banyak yang harus di benahi untuk meningkatkan fasilitas wahana dan sarana pendukung lainnya agar kepuasan pengunjung saat mengunjungi Wisata Mangrove Caplok Barong merasa refresh dan senang.
Kedepan kata Joharudin, ada planning program untuk pengembangan dan kemajuan wisata ini, salah satunya adalah akan dibuatnya jembatan kaca untuk lebih menarik buat moment selfy supaya lebih indah dan menarik bagi pengunjung.

“Pihaknya sudah melakukan pemberdayaan dengan melibatkan masyarakat sekitar dengan wisata perahu, perahu karet dan lainnya untuk mendukung wahana wisata Mangrove ini bisa menjadi berkah untuk seluruh masyarakat Desa Ambulu,” ungkapnya.

Sedangkan menurut Kuwu Desa Ambulu Sunaji, perlunya pengembangan kawasan Mangrove Caplok Barong sebagai salah satu primadona wisata mangrove di wilayah Cirebon Timur. Dia mengharapkan pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan Pusat. Agar membantu secara maksimal dari potensi kawasan wisata tersebut lebih maju dan berkembang demi untuk mensejahterakan ekonomi warga desa Ambulu.

“Semoga Wisata Mangrove Caplok Barong selalu mendapat suport lebih lanjut dari pemkab, pemprov bahkan Pusat. Supaya planning program jembatan kaca dan untuk memperbaiki akses jalan serta beberapa sarana pendukung lainnya dapat terwujud menjadi daya tarik tersendiri,” Harap Kuwu Sunaji. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat