Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Warga Desa Tersana Menggelar Tradisi Sedekah Bumi Tanda Syukur Pada Allah.

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Pabedilan –  Masyarakat desa Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon menggelar Tradisi sedekah bumi tanda syukur pada Allah Swt. Ini merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu.

Hal itu dikatakan Kuwu Sarja Sugendri Desa Tersana, bahwa sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak famil mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

“Bagi masyarakat jawa khususnya para  petani dan nelayan, kegiatan tradisi ritual tahunan semacam sedekah bumi bukan hanya merupakan sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi kata Kuwu Sarja, tradisi sedakah bumi mempunyai makna, yaitu upacara tradisional sedekah bumi, menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan bisa dipisahkan dari budaya, tradisi dan adat jawa.” Ungkapnya. Kamis (26/09/2019).

Lebih dari itu Kuwu Sarja memaparkan,  adanya upacara tradisi sedekah bumi tersebut masyarakat sekitar  merayakannya membuat tumpeng dan berkumpul di balai desa, dihadiri tokoh masyarakat pemuda dan masyarakat setempat untuk menggelar acara ritual sedekah bumi. Setelah itu, kemudian masyarakat membawa tumpeng tersebut ke balai desa Tersana untuk di doakan oleh kyai atau tokoh masyarakat. setelah di doakan, kemudian kembali diserahkan kepada masyarakat setempat Nasi tumpengpun di makan secara ramai ramai oleh masyarakat yang merayakan acara sedekah bumi itu. Namun, ada juga sebagian masyarakat yang membawa nasi tumpeng tersebut yang membawanya pulang untuk dimakan beserta sanak keluarganya di rumah masing-masing.

“Sebagai bentuk rasa syukur kami dalam puncak acara sedekah bumi ini, di akhiri dengan pengajian umum di desa Tersana dengan memberikan siraman rohani kepada warga desa Tersana untuk meningkatkan iman dan taqwa serta kita semua harus selalu bersyukur atas semua nikmat-Nya”. (Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat