Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Warga Bandengan Menuntut “Proyek Pinggir Pantai Harus Tranparansi”8

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Mundu – Warga Desa Bandengan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, meluruk kantor desa untuk mempertanyakan terkait adanya proyek pemagaran bibir pantai. Dan proyek tersebut tidak transparan, Selasa (29/09/20).

Dari ketidak transparansi proyek itu,  warga desa Bandengan, sangat menyesalkan dengan adanya pembangunan proyek dibibir pantai yang dilakukan oleh pemilik lahan yang bekerja sama dengan pihak ke dua. 

“Kami warga Bandengan meminta kepada Pemdes untuk menghentikan sementara pekerjaan proyek tersebut sebelum adanya kejelasan dan transparan,” jelas warga saat meluruk desanya.

Dikatakan Dirman, salah satu warga desa Bandengan, saya merasa kecewa terhadap pemdes Bandengan yang belum melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait akan ada pembangunan pemagaran dibibir pantai, sehingga kami berserta warga yang lain mendatangi kantor desa guna mendapatkan kejelasan akan proyek tersebut. Sebab, seharusnya pemdes melihat dampak lingkungan dengan adanya pembangunan proyek itu.” ungkapnya

Sedangkan tokoh masyarakat H. Basuni menegaskan, adanya bangunan pemagaran di blok tiga dan empat. Proyek pemagaran dibibir pantai itu sangat merugikan nelayan dan merasa khawatir saat memasuki musim penghujan datang pemagaran tersebut akan terdampak banjir. ” Pembangunan proyek tersebut  masih simpang siur dan belum jelas apakah nantinya mau dibangun pabrik atau apa.” Tandasnya.

H. Basuni pun menyampaikan seharusnya Pemdes sebelum dibangunnya proyek tersebut harus melihat sesi positif dan negatifnya dan dampak terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Memang lahan itu milik perorangan. Akan tetapi, harus mengurus berbagai perijinan dari tingkat lingkungan masyarakat sekitar. Sehingga Pemdes bisa memutuskan apakah  memberikan ijin atau tidak akan adanya proyek tersebut. Jelasnya.

Sementara itu, Kuwu Bandengan Moh. Sofyan ketika dikonfirmasi mengatakan, sebelum itu pihaknya telah memfasilitasi pertemuan antara warga sekitar proyek pemagaran dengan pemilik lahan, untuk melakukan musyawarah dengan mengundang RT dan RW setempat.

Tetapi adanya permasalahan ini, Sofyan pun akan mengkaji ulang dan melakukan musyawarah bersama semua pihak, terkait proyek pemagaran dibibir pantai untuk mencari solusi terbaik, sehingga kedepannya pembagunan tersebut tidak bermasalah. Diapun menghimbau kepada warga desa Bandengan, agar tetap menjaga kondusifitas lingkungan tetap nyaman dan aman.

” Saya bersama pemdes dan terkait lainnya akan segera melakukan musyawarah untuk kesepakatan mufakat tanpa ada ekses dikemudian hari.” kata Sofyan (Red/*).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat