Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Tuan Hajat “Harus Menerapkan Protokol Kesehatan Covid19”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon – Kegiatan hajatan atau kondangan yang biasa digelar di masyarakat Cirebon, saat ini sudah boleh digelar. Akan tetapi harus menerapkan protokol kesehatan Covid 19 sesuai dengan prosedur dan aturan pemerintah daerah kabupaten Cirebon.

Bagi orang yang mau hajatan, Muspika sebagai Gugus depan Covid-19 akan memberikan ijin dengan syarat mengikuti aturan yang di terapkan pemerintah daerah kabupaten Cirebon. “Dan, apabila hajatan tersebut, dalam pelaksanannya tidak sesuai SOP dan melanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi.” kata Camat H. Anwar Sadat M.S.i selaku Gugus depan Covid-19 kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Senin (03/08/2020).

Menurut Camat Anwar Sadat, saat ini tengah berlaku pedoman protokol kesehatan bagi pelaksanaan hajatan. Baik hajatan pernikahan, pengajian, khitanan dan lainnya. Kegiatan hajatan tersebut akan berkaitan dengan izin. Jadi sebelum pelaksanaan hajatan digelar, semua harus berkoordinasi dengan Pemdes, Muspika, TNI dan Polri, Satpol PP, Kesehatan serta Disbudpora bila ada hiburan. ” Saat ini masyarakat di kecamatan Mundu dan kabupaten Cirebon sedang memproses rekomendasi hajatan walaupun suasana masih pandemi Covid-19.” ujarnya.

Sedangkan Kapolsek Mundu AKP.H. Ade Subandi SH. mengatakan Polsek seperti biasa mengeluarkan izin, namun, prosesnya dari Muspika (Gugus depan) dulu, itu prosedure yang sekarang harus di tempuh dalam suasana pandemi Covid 19.

Bahkan pihaknya menghimbau, baik hajatan yang digelar di dalam gedung atau ruangan maupun yang di luar ruangan. Mereka wajib mematuhi protokol kesehatan hajatan.

“Kami menjadi bagian yang wajib memonitoring dan mengecek lokasi hajatan apakah menjalankan protokoler kesehatan atau tidak saat hajatan berlangsung. Jadi tuan hajat harus menerapkan aturan demi keamanan, kesehatan dan pelaksanaan hajatan berjalan lancar,” kata Kapolsek H. Ade

Hal yang sama juga dikatakan MP. Ahmad Sukiman, bahwa setiap pemangku hajat wajib mematuhi aturan dari pemerintah daerah dalam pencegahan Covid 19 yang mengacu pada pelaksaanaan hajatan harus mengikuti protokol kesehatan di lingkungannya.

” Kami berharap semua pemangku hajat menerapkan pola protokol kesehatan Pandemi Covid 19, baik yang hajatan, pengobeng, sanak famili maupun tamu undangan selalu menerapkan protokol kesehatan.” ungkapnya (Toto M Said). 

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat