Tiga Desa Di Kecamatan Waled Gelar Pemilihan BPD Masa Bakti 2023 – 2029

CirebonOnline

Kabupaten Cirebon, – Dengan berakhirnya masa bakti BPD tahun 2022, sejumlah Desa di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, diadakan pemilihan kembali BPD untuk masa bakti tahun 2023 hingga 2029.

Hal itu di lakukan Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, ada tiga Desa yang menggelar pemilihan BPD yaitu Desa Cikulak, Desa Ambit dan Desa Cisaat, bergulir dari hari Sabtu dan Minggu.

” Pada penyelenggaraan pemilihan BPD yang dilaksanakan di tiga Desa tersebut, sambutan dari lembaga Desa, tokoh masyarakat sangat antusias, ” kata Kuwu Cikulak Yusnaedi usai menyaksikan pemilihan BPD yang di selenggarakan di GOR milik Pemdes Cikulak Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Jumat (24/12/2022).

Menurut Kuwu muda yang banyak inovasi membangun Desa memaparkan, dari 21 yang mencalonkan anggota BPD yang terpilih secara langsung, terbuka dan transparan, hanya 9 orang Calon yang terpilih semua adalah putra, putri terbaik Desa, hasil proses pemilihan secara jurdil oleh lembaga Desa dan tokoh masyarakat.

Dia juga menegaskan, pemilihan ini berlangsung untuk menepis opini bahwa, pemilihan BPD hanya akal aklan Kuwu semata, namun kita bisa melihat langsung hasilnya dan kami tidak punya kepentingan politik apapun dalam pemilihan BPD.

“Semua ini hanya menjalankan amanat UU Desa no 6 Tahun 2014 dan peraturan lainnya yang berlaku di sistem pemerintahan Desa,” tandas Kuwu Yusnaedi yang mau melanjutkan karier politiknya di DPRD Kabupaten Cirebon.

Yusnaedi pun mengucapkan selamat kepada yang terpilih dan kedepan bisa sinergis untuk desa Cikulak lebih maju, kuat dan sejahtera. Harapnya.

Sementara itu Kuwu Cisaat Toto Suharto dan Kuwu Ambit Nurwandi di tempat terpisah mengatakan dengan di gelarnya pemilihan BPD merupakan babak baru bagi pemerintahan Desa tahun 2023. Karena, BPD bagian terpenting pada penyelenggaraan pemerintahan Desa.

” Walaupun tupoksinya berbeda dengan Kuwu tetapi semangatnya harus sama sebagai mitra untuk memajukan Desa di wilayah Kecamatan Waled,” terang Kuwu Toto Suharto desa Cisaat kepada media. Minggu (25/12/2022).

Ditambahkan Kuwu Nurwandi, berbagai tantangan diera kemajuan arus informasi yang melanda ke Desa maka modal dasar yang kuat membangun soliditas antara BPD dan pemerintah Desa. Itu harus di kuatk dan mutlak bersinergi dengan berbagai instansi pemerintah lainnya, agar program semua desa berjalan aman dan sukses.

“Semoga BPD yang baru bisa bekerjasama untuk lebih baik, maju dan sesuai tupoksinya,” pungkas Kuwu Nurwandi desa Ambit yang siap melanjutkan karier politiknya di DPRD Kabupaten Cirebon.
(Red/Adang Juhandi)

Spread the love

Tinggalkan Balasan