Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Temui Pengurus OCI, Direktur MIS Foundation Inisiator “Siap Kolaborasi Program Kemanusiaan”

CirebonOnline

Kab. Cirebon, – Siap menjadi inisiator dan berkolaborasi, MIS (Mira Imam Saputra) Foundation menemui para pengurus Oemah Cirebon Inklusi (OCI) di Sekretariatnya, Minggu (12/6). Dalam kesempatan tersebut, MIS Foundation menginisiasi dan mengajak OCI kolaborasi dalam bidang sosial agar lebih banyak memberikan manfaat bagi para difabel agar lebih mandiri dan mengembangkan potensinya. Pasalnya, harus ada inisiator dan fasilitator agar para difabel ini lebih banyak berperan ditengah masyarakat.

Pengurus dan anggota OCI ini terdiri dari para difabel yang tersebar di beberapa kecamatan dan desa yang berada di Kabupaten Cirebon untuk menunjukan peran serta potensinya agar lebih bermanfaat bagi yang lain. Dan, utamanya punya wadah untuk saling menguatkan dan mengembangkan potensi lebih optimal lagi agar tidak dipandang sebelah mata.

Direktur MIS Foundation, drg Mira Indrasyari menyampaikan bahwa MIS Foundation siap menjadi inisiator dan berkolaborasi untuk kemandirian para difabel yang tergabung dalam OCI. Pasalnya, negara hingga saat ini sedang berusaha untuk membantu difabel dan diakui belum maksimal. Untuk itu, kata Mira, butuh peran serta berbagai pihak dalam rangka mewujudkan kemandirian dan juga pengembangan potensi para difabel.

“Negara terus berusaha untuk mewujudkan harapan para difabel saat ini. Namun demikian, kita akan siap jadi inisiator dan fasilitator ke stakeholdere lainnya terutama pihak swasta agar program serta kegiatan para difabel lebih optimal dalam mewujudkan kemandirian. Lewat CSR pihak swasta, kita akan maksimalkan peran serta potensi para difabel,” ungkapnya.

Mira juga mengaku terharu dan terinspirasi dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan para pengurus OCI dalam mengembangkan potensinya serta kerja kerasnya melayani masyarakat.

“Saya sangat terharu dan apresiasi atas program dan kegiatan yang dilakukan para pengurus OCI. Luar biasa, pengurus OCI ini bukan hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi juga orang lain. Memang manusia pilihan,” paparnya.

Lebih lanjut, Mira juga mengaku bangga bisa berdiskusi dan silaturahmi dengan para pengurus OCI. Tentu, pihaknya lewat MIS Foundation yang bergerak di bidang sosial bisa berkolaborasi program dan pendampingan.

“Kita siap ikut serta dalam program dan kegiatan OCI ini kedepan. Banyak hal yang bisa dilakukan kedepan bersama-sama dalam memberikan manfaat serta mengembangkan potensi bersama OCI,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Oemah Cirebon Inklusi (OCI), Siti Hartinah (Tinah) menjelaskan, hadirnya OCI untuk mewadahi dan memberikan kenyamanan bagi para anggota yang tersebar di Cirebon. Selain mengembangkan potensi dan juga merangkul para anggota. Meskipun diakui pihaknya, wadah organisasi inklusi dan difabel banyak di Kabupaten Cirebon namun tetap dirinya meyakini lewat OCI banyak memberikan manfaat bagi yang lain.

“Kami bersama-sama mewadahi teman-teman lain (difabel) untuk mengembangkan potensinya dan tidak ingin membebani orang lain. Mengingat, para anggota juga memiliki pekerjaan masing-masing, namun tetap memikirkan anggota dan orang lain agar lebih banyak memberikan manfaat,” papar Tinah sapaan akrab Siti Hartinah.

Pihaknya juga mengapresiasi para anggota yang bukan hanya memikirkan pribadinya, namun tetap memikirkan orang lain. Bahkan, potensinya bisa ditularkan kepada anggota yang lain bahkan kepada masyarakat secara luas. Tak hanya itu, Tinah juga mengapresiasi dan menyambut baik rencana kolaborasi dengan MIS Foundation dengan OCI. Dan, pihaknya berharap dengan kehadiran MIS Foundation bisa lebih mengembangkan OCI baik para pengurus, anggota dan masyarakat secara luas.

“Kolaborasi dengan MIS Foundation tentu kedepan kami berharap bisa lebih mandiri, maju dan bermanfaat lagi baik bagi pengurus, anggota dan masyarakat secara luas. Tentu banyak program dan kegiatan juga kedepannya dengan adanya kolaborasi ini,” pungkasnya. (*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE