Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Kabupaten Cirebon

SMK Muhammadiyah Lemahabang “Qur’ban Sapi dan 20 Ekor Kambing” Bagikan ke Kaum Dhuafa

Cirebon Online

Kab. Cirebon, Lemahabang – Dalam momentum Hari Haya Idul Adha 1442 Hijriah, Keluarga Besar SMK Muhammadiyah Lemahabang, Kabupaten Cirebon, kembali menyelenggarakan pemotongan hewan Qur’ban, meskipun masih ditengah masa pandemi covid-19 yang tak kunjung usai.

Kegiatan pemotongan hewan Qur’ban dilangsungkan dua hari setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan, bertempat di halaman sekolah setempat, jelas Kepala SMK Muhammadiyah Lemahabang, Mohamad Ruspandi, Kamis, (22/7/2021).

Diapun menuturkan, bahwa daging hewan Qur’ban dibagikan oleh panitia kepada warga tidak mampu (dhuafa) yang berada disekitar lingkungan sekolah. “Kegiatan penyembelihan hewan Qur’ban ini menjadi agenda rutin di Hari Raya Idul Adha yang berlangsung di setiap tahun di SMK Muhammadiyah Lemahabang.” Ungkapnya.

Kepala SMK Muhammadiyah Lemahabang, Mohamad Ruspandi juga mengatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan Qur’ban di sekolah bertujuan memenuhi ibadah sunnah bagi yang berqur’ban, juga diharapkan dapat menambah keberkahan, kebaikan dan dapat menguatkan silaturahmi antara keluarga SMK Muhammadiyah Lemahabang dengan sekolah serta masyarakat sekitar, melalui kegiatan sosial dan keagamaan.

Masih kata Ruspandi, setelah dilakukan pemotongan hewan, daging Qur’ban di distribusikan oleh pihak panitia untuk warga kurang mampu yang berada di sekitar sekolah dengan mendatangi satu rumah ke rumah lainnya. Hal ini dilakukan guna menghindari potensi terjadinya kerumuman dan meminimalisir terjadinya kontak fisik antara satu sama lain. ”Alhamdulillah dari tahun ke tahun sekolah kami masih bisa membagikan daging Qur’ban untuk saudara saudara kami yang kurang mampu.” Terangnya.

Lebih dari itu, Ruspandi memaparkan, biaya yang dikeluarkan untuk membeli hewan Qur’ban ini dari pihak yayasan, guru dan karyawan sekolah serta orang tua siswa yang secara suka rela menyumbangkan uang seikhlasnya tanpa dipaksakan.
Bahkan Ruspandi menegaskan, untuk yang hadir pada kegiatan pemotongan hewan Qur’ban di masa pandemi ini hanya yang memotong sapi, membantu pemotongan, para guru dan pihak panitia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan menghindari terjadinya kerumunan massa. Dan, pihak panitia membagikan langsung daging Qur’ban ke rumah warga tidak mampu yang berada di sekitar sekolah.

” Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada para guru dan para siswa yang telah berbagi rizki hingga terlaksananya penyembelihan hewan Qur’ban di Hari Raya Idul Adha tahun ini, semoga barokallah amiin.” Ucapnya. (Red/Adang Juhandi)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat