Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Google




Google




Jawa Barat Kota cirebon

Smart City Tour Cirebon Dapat Membangkitkan Industri Pariwisata di Kota Cirebon

ToyaCirebonOnline.com

Kota Cirebon – Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, yakin pariwisata di seluruh wilayah di Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) akan kembali mengalami kenaikan. Kenaikan jumlah wisatawan tersebut tanpa meninggalkan protokol kesehatan. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, usai melepas kegiatan Simulasi Smart City Tour Cirebon dalam rangka membangkitkan kembali industri pariwisata di Kota Cirebon Balaikota Cirebon. Senin, (13/07/2020).

Eti menjelaskan bahwa sebelum terjadinya wabah Pandemi Covid-19, sudah ada kesepakatan dengan daerah-daerah yang ada di wilayah Ciayumajakuning untuk bersama-sama memajukan pariwisata. “Sempat tertunda karena Pandemi, sekarang kita bersama-sama menindaklanjuti kesepakatan tersebut.”


Dimulai dari simulasi yang melibatkan sejumlah pelaku wisata di wilayah Cirebon dan mendatangi sejumlah lokasi wisata yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon. “Ke depannya kita memiliki paket wisata yang titik poinnya ada di gedung negara,” ungkap Eti.

Melalui kegiatan ini Eti berharap bisa membangkitkan kembali pariwisata termasuk jumlah kunjungan wisatawan di wilayah Ciayumajakuning. “Tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” tegas Eti.


Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Drs. Agus Suherman, SH., MH., menjelaskan bahwa tujuan dilakukannya kegiatan hari ini yaitu untuk membangkitkan industri pariwisata di wilayah tiga Cirebon, memberikan informasi standar protokol kesehatan untuk wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon, menyinergikan seluruh elemen pariwisata di wilayah 3 Cirebon.

“Sekaligus menjadi media promosi bahwa pariwisata di wilayah 3 Cirebon sudah siap menerima kembali wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Agus. Ke depannya Agus juga berharap mitra kerja mereka bersama-sama dengan pemerintah daerah bisa membangun kolaborasi pariwisata di wilayah Ciayumajakuning.


Sedangkan Fajar Bahari, ketua Pelaksana Simulasi City Tour menjelaskan bahwa pelaku pariwisata di wilayah 3 Cirebon sudah membentuk organisasi bernama Gabungan Pelaku Pariwisata wilayah 3 Cirebon dengan tujuan untuk membangkitkan pariwisata di Kota Cirebon. “Kegiatan ini aksi nyata dari tujuan kita untuk membangkitkan pariwisata di wilayah 3 Cirebon,” ungkap Fajar. Namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Sebagai bentuk pencegahan penyebaran, sejumlah langkah sudah mereka siapkan. Diantaranya menyemprot disinfektan sebelum bus digunakan, penggunaan masker dan handsanitizer tidak pernah dilupakan. “Hari ini kita akan berkunjung ke Grage Hotel untuk sektor perhotelan, nasi jamblang bu Nur untuk kuliner dan ke Keraton untuk sektor bangunan budaya,” ungkap Fajar. Dilanjutkan dengan membeli oleh-oleh di Toko Daud, makan siang di empal gentong Apud serta ke rumah kerang dan rotan yang diakhiri dengan simulasi kunjungan ke batik Trusmi dan Goa Sunyaragi. (*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat