Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Kabupaten Cirebon

Sekda Kabupaten Cirebon Instruksikan Seluruh camat Melakukan Penanganan sampah di Tingkat Desa.

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon – Sampah yang menjadi permasalahan di kabupaten Cirebon, menjadi sorotan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon.

Hal itu langsung disampaikan Rahmat Sutrisno selaku Sekda, Saat melakukan pertemuan dengan para camat di Ruang Paseban Sekda Kabupaten Cirebon. Bahkan Sekda menginstruksikan kepada camat untuk melakukan penanganan sampah di tingkat desa. Senin, (28/10/2019).

Menurut Rahmat, pertemuan dengan para Camat sekabupaten Cirebon, membahas banyak hal terutama persiapan tentang evaluasi kinerja semua kecamatan juga terkait tujuh isu strategis desa yang harus dikonsentrasikan di masing-masing kecamatan di antaranya yakni posyandu, perpustakaan desa, tempat bermain anak, ketersediaan guru ngaji, dan penanganan sampah.

“ Kami menginstruksikan penanganan sampah itu harus dimulai dan selesai di tingkat desa. Ada beberapa desa sudah berjalan, tinggal di desa-desa yang belum didorong untuk melakukan penanganan sampah harus mulai dari sekarang. Sebab kata Sekda Rahmat, penanganan sampah ini menjadi perhatian kita bersama,” Tandasnya.

Selain itu Rahmat juga mengakui, bahwa permasalahan sampah ini butuh penanganan serius dan harus dilakukan bersama-sama, tidak hanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon saja, melainkan dari mulai tingkat pemerintah desa yang menjadi ujung tombak Pemda dalam mencari solusi dan mensosialisasikan kepada masyarakat.

Lebih dari itu, di samping soal penanganan sampah, pihaknya juga akan melakukan evaluasi dan bedah ulang peraturan bupati tentang kewenangan camat. Sehingga kewenangan camat bisa lebih luas untuk memberikan pelayanan publik secara maksimal. ” Pelayanan itu, sudah diterapkan oleh Kecamatan Surangenggala sebagai percontohan dalam membuat inovasi untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan mudah, dari mulai adminsitrasi kependudukan, pembayaran pajak kendaraan dan lain-lain,” jelas Sekda Rahnat. ( Toto M Said/Rls)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE