Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Rumah Warga Menjadi Sarang Tawon Vespa Affinis

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Gebang – Teror serangan Tawon jenis Vespa Affinis mengegerkan warga RT.02/02  Dusun 01 Desa Gebangkulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Hal itu terjadi dikarenakan bersarang disalah satu rumah warga bersarang Tawon jenis Vespa Affinis. Dalam keadaan situasi ini, tiga warga terkena sengatan hingga harus dilarikan ke dokter untuk penanganan medis. Dari kejadian tersebut warga melapor ke petugas Damkar sektor Losari dan petugaspun datang senin malam (16/12/2019) langsung membasmi keberadaan tawon membahayakan warga setempat.

Dikatakan Taryani pemilik rumah yang menjadi sarang tawon, peristiwa itu berawal dari adanya tawon dianggap biasa, namun setelah beberapa hari kemudian ternyata sekelompok tawon tersebut membuat sarang di atap genting dan semakin banyak.

“Kami kira tawon biasa saja, namun semenjak tiga hari terakhir tawon mulai masuk kerumah dan menyengat anggota keluarga hingga panas dingin. Nah, mulai saat itu, saya bersama warga lainnya bagaimana mengusir tawon-tawon tersebut.”Ungkapnya
.
Taryanipun menuturkan, Adik pemilik rumah Samsudin bersama adiknya Didi Junaedi, yang mencoba untuk membantu mengusir tawon justru mendapat sengatan ganas tawon jenis Vespa Affinis. Sampai akhirnya lima tawon itu menyengat tangannya dan satu tawon menyengat wajahnya hingga membengkak, yang lebih parah adiknya, Didi Junaedi yang tersengat bagian tangannya hingga memar tak ada rasa apa-apa meski dicubit hingga membuat dirinya was-was hingga segera dilarikan ke dokter barangkali ada sengatan racun dari tawon yang masuk ke tubuhnya.

“Gara-gara banyak yang menjadi korban akhirnya mencoba mencari tahu kemana meminta bantuan, dan katanya suruh menghubungi petugas damkar, makanya kemudian saya menelpon melaporkan kejadian tersebut. ” jelas Taryani.

Sementara itu petugas damkar dari sektor Losari, Toni bersama tim yang datang ke lokasi langsung melakukan penanganan, kondisi sarang yang sudah dirusak membuat tawon bertebaran kemana-mana sehingga sedikit menyulitkan petugas untuk melakukan penamganan, tawon yang bersarang adalah jenis Vespa Affinis, jenis tawon membahayakan dan beracun, beberapa kejadian di Jawa tengah tawon tersebut telah menyengat warga hingga menewaskan warga.

Tonipun menghimbau kepada masyarakat, ketika menemukan hal serupa, langkah pertama segera melapor untuk ditangani oleh yang ahlinya karena kalau tidak memiliki keahlian dimungkinkan justru mendapat serangan balik dari tawon-taeon tersebut. Kemudian jangan dirusak dahulu sarang tawonnya agar penanganan lebih mudah.

“Jenis tawon ini biasanya adanya di hutan, mungkin karena hutannya dirusak sehingga lari ke perumahan warga.” Tandasnya. (*).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat