Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Kabupaten Cirebon

Puskesmas Pamengkang Kec. Mundu Menggelar Kegiatan Sosialisasi PHBS

CirebonOnline

Kab. Cirebon, Mundu – Puskesmas Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ditengah pandemi covid-19, bertempat di kantor Desa Setupatok, Senin (12/04).

Kegiatan PHBS itu sendiri diprakarsai oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, melalui program PPKM skala mikro yang sudah dianggarkan melalui anggaran Dana Desa (DD). Acara tersebut dihadiri perwakilan Satgas Covid-19 Kecamatan Mundu, Babinkantibmas, Babinsa, BPD, Karang Taruna, dan pendamping desa, serta masyarakat dengan tetap menerapkan Protokoler Kesehatan covid-19.

Pada kegiatan itu, Kepala Puskesmas Pamengkang Drg. Nila Sofyan melalui Bidan Desa Rohayati, bahwa agenda PHBS yang dilakukan oleh dinas kesehatan bukan program baru, karena ini merupakan program kami dan sudah menjadi agenda nasional. “Untuk saat ini, kami sesuaikan dengan situasi sekarang PHBS, di tengah Pandemi Covid-19. Tentunya sosialisasi lebih difokuskan dalam merubah perilaku hidup sehat.” Ungkapnya.

Selain itu prilaku sehat itu penting terlebih menjelang bulan suci Ramadhan. Diharapkan perlu adanya kesadaran dari masyarakat dalam merubah perilaku ditengah Pandemi Covid-19. Sebab, kebanyakan masyarakat, berpikiran kalau sehat itu cukup dengan kesehatan bersih kemudian cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

“Ini harus di rubah perilaku sehat, terlebih diawali dari diri sendiri, dilingkungan keluarga maupun di perkantoran. ujarnya.

Bidan Rohayati juga mengatakan, tatanan dalam PHBS yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu PHBS di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, sarana kesehatan, dan tempat umum. Dan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti, langsung mandi setelah beraktivitas, mengganti pakaian dan dapat menjaga Wudhu karena cara mencuci hidung seperti cara berwudhu pada bagian hidung dapat membersihkan virus.

Diapun menambahkan, kitapun harus menjaga kesehatan fisik dan mental, makan makanan yang bergizi seimbang, perbanyak buah dan sayur, dibarengi dengan Olahraga rutin yang aman (dirumah saja) ini penting untuk menguatkan imunitas kita, agar terhindar dari paparan Covid-19. Dan, dalam merubah perilaku masyarakat harus diawali dari diri sendiri, tatanan pemerintahan seperti pelayan publik yang ada di desa, tokoh masyarakat maupun kader kader PKK.

“Bagaimana masyarakat mau sadar akan bahaya Covid-19, ketika yang mereka lihat abdi negara dan pelayan publik serta tokoh masyarakatnya saja mengabaikan prokes. Jadi ini harus ada kesinambungan di semua sektor,” imbuhnya

Bidan Rohayati berharap, adanya sosialisasi PHBS di Desa Setupatok sekaligus dalam kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro ini, dapat menjadi titik awal dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 juga menjadi edukasi yang benar agar masyarakat khususnya di Desa Setupatok dapat terhindar dari paparan Covid-19. Pungkasnya (Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat