Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Jawa Barat Kabupaten Cirebon

PT Lonk Rich Rekrutmen Tenaga Kerja Kearifan Lokal “Menjadi Berkah Bagi Masyarakat WTC”

Cirebon Online

Kab. Cirebon, Ciledug – Bertempat di ruang pertemuan kantor Camat Ciledug, sejumlah Kuwu, muspika dan tokoh masyarakat mengadakan pertemuan untuk jajak pendapat berkaitan dengan sistem rekrutmen tenaga kerja di PT Longrich.

Dalam pertemuan yang digelar tersebut hadir Mr. Jiem dari PT Longrich bersama para kuwu, muspika dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya. Pertemuan itu berlangsung kondusif dan menerapkan protokoler kesehatan covid-19. Dan hasilnya di sepakati untuk bersama membangun wilayah industri di Wilayah Timur Cirebon (WTC) dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi pengangguran di tiga Kecamatan yaitu Losari, Pabedilan dan Ciledug. Kata Mr. Jiem. Kamis, (02/09/2021).

Pada pertemuan itu, Mr. Jiem mengatakan bahwa hadirnya PT. Longrich di WTC merupakan perusahan PMA yang memproduksi sepatu ekspor untuk mancanegara bukan domestik. Jadi, industri yang di bangun di atas lahan puluhan hektar ini, untuk menciptakan iklim investasi yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat dan juga mengikis angka pengangguran di Wilayah Timur Cirebon.

“Kami membutuhkan puluhan ribu tenaga kerja secara bertahap, tentunya kali ini baru kisaran dua ribu lima ratus lebih yang sudah kami rekrut. Sesuai dengan peraturan pemerintah perekrutan tenaga kerja kami melalui Disnaker Kabupaten Cirebon dengan rumusan 60 persen tenaga kerja lokal dan 40 persen tenaga ahli secara umum.” Ungkapnya.

Ditambahkan Mr. Jiem, peluang masih ada terutama untuk warga Ciledug untuk bisa masuk jadi tenaga kerja di PT Longrich. Akan tetapi harus bersabar untuk menunggu tahapan berikutnya. Jelas Mr.Jiem di hadapan sejumlah kuwu muspika dan tokoh masyarakat.

Sementara itu kuwu Ciledug Kulon H. Wawan Hermawan menyampaikan, janji PT. Longrich yang di katakan langsung oleh Mr. Jiem bukan hanya sekedar angin syurga bagi masyarakat kami, artinya dengan derunya mega industri diharapkan bisa mengangkat masyarakat dan mengurangi angka pengangguran untuk geliat ekonomi di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

Masih kata Kuwu Wawan, di saat pandemi covid-19 dan PPKM Darurat, banyak perusahaan merumahkan tenaga kerja, berbeda dengan PT. Longrich yang justru bisa merekrut ribuan tenaga kerja. “Untuk itu kami mohon PT. Longrich untuk kuota perekrutan tenaga kerja bagi masyarakat Ciledug bisa di realiasasikan. Harap kuwu Wawan yang juga sebagai ketua FKKC Kecamatan Ciledug dengan nada tegas.

Hal senada juga di sampaikan kuwu Johari Jatiseeng Kidul dan kuwu Ciledug tengah. Kami ingin regulasi perkerutan tenaga kerja di PT. Longrich bisa di wujudkan dengan memperhatikan Wilayah Ciledug dan umumnya WTC. Tandasnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Ciledug yang juga staf Kecamatan Sauri Pranata, SPD. MM., menyampaikan, bahwa kehadiran mega industri di WTC sudah di pastikan akan membawa dampak plus minus bagi wilayah. Dampak plusnya bisa membawa kemakmuran bagi wilayah dan dampak minusnya akan merubah tatanan kultur sosial dan budaya dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri begitu juga akan terjadi akulturisasi gaya hidup masyarakat.

Untuk itu, harap Sauri langkah PT. Longrich dengan sistem rekrutmen tenaga kerja, kami mendukung dan tetap memperhatikan kearipan lokal. “Semoga kehadiran PT. Longrich menjadi berkah bagi masyarakat WTC.” Pungkasnya.(Red/Adang Juhandi).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat