Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Plt. Kadinsos Kabupaten Cirebon Iis K. ” Kami Akan Siapkan Anggaran Untuk Difabel Tahun 2020″.

ToyaCirebonOnlin.com

Kab. Cirebon, Astana Japura – Dalam memperingati Hari Difabel Internasional, Kecamatan Astanajapura bersama Forum Komunikasi Difabel Cirebon (FKDC) menyelenggarakan kegiatan Hari Disabilitas Internasional dihalaman Kecamatan yang dihadiri Pemdes, Muspika dan Muspida Kabupaten Cirebon beserta undangan lainnya.  Difabel pada tahun ini kembali dihelat akan berlangsung 11- 12 Desember 2019 di depan Halaman Kecamatan Astana Japura Kabupaten Cirebon. Pengembangan tersebut didasarkan atas apresiasi yang cukup baik dari komunitas penyandang disabilitas dan masyarakat umum.
Dengan memperingati hari Difabel diharapkan bisa membangun kesadaran bersama tentang disabilitas dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, khususnya di bidang Kebudayaan dan Pariwisata dimana Pemerintah berkewajiban menjamin aksesbilitas bagi Penyandang Disabilitas untuk mendapatkan layanan kebudayaan dan pariwisata.

Hak penyandang disabilitas menjadi amanat konstitusi yang dituangkan dalam UU No 8/Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Sebagai bagian dari masyarakat, penyandang disabilitas memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memiliki kehidupan yang sejahtera , mandiri dan tanpa diskriminasi. Itu penting dalam mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang berkeadilan sosial dan beradab.

Hal tersebut sejalan dengan Visi-Misi Camat Astana Japura M. Iing Tadjudin, kegiatan memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan tema “99 Warna Menuju Cirebon Inklusi” tersebut menjadi payung pola pikir kebijakan dalam pembangunan yang dilandasi strategi budaya yang diyakini mampu mewujudkan pembangunan manusia yang bermartabat. Manusia yang tidak hanya diukur dari sisi ekonomi semata, namun juga dari sisi integritas, semangat gotong-royong, kerja keras, jujur, tekun, kreatif dan toleransi.

“Pemenuhan hak tersebut menjadi penting dalam mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang berkeadilan sosial dan beradab, termasuk di dalamnya penyandang disabilitas yang menjadi bagian dari masyarakat Kabupaten Cirebon dan sekitarnya.” Tandas Camat Iing. 

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Dr. Iis Krisnandar. mengapresiasi dilaksanakannya Kegiatan Difabel 2019 di Kecamatan Astana Japura ini. ” Kami akan siapkan anggaran untuk kegiatan Difabel pada tahun 2020 agar insan Difabel bisa berperan aktif dalam pembangunan.” ungkapnya. 

Plt. Kadinsos Iispun mengatakan dalam rangka memperingati hari disabilitas ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, pemerintah, lembaga sosial, media, maupun lembaga terkait lainnya terhadap isu disabilitas sehingga ada penyediaan fasilitas publik yang ramah dan mudah diakses oleh disabilitas dan Oypmk serta terbukanya peluang dan kesempatan bagi disabilitas dan OYPMK untuk menjalin kerjasama dengan stakeholder di berbagai bidang. Katanya. 

Sementara itu, kegiatan Hari Disabilitas Internasional ini diawali dengan parade komunitas roda tiga dan pengenalan mobil ramah disabilitas, dilanjutkan dengan upacara pembukaan, talk show mengenai layanan dasar penyandang disabilitas dan ekonomi kreatif bagi penyandang disabilitas, workshop/ diseminasi desa inklusi, publikasi bentuk dukungan dari pemerintah, penampilan drama inklusi, penayangan video amatir, simulasi berperan menjadi disabilitas, hiburan dan doorprize. (Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat