Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Jawa Barat

Penguatan Ekonomi Masyarakat, Kodim Majalengka Fokus ke Bidang Pertanian

Cirebon Online

MAJALENGKA – Kodim 0617/Majalengka, terus fokus dalam peningkatan ekonomi masyarakat khususnya dalam bidang pertanian ditengah penyebaran Covid-19.

Salah satu yang menjadi strategi prajurit TNI AD itu, yaitu dengan melakukan panen demplot pertanian padi yang dipercaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. 

Kegiatan panen demplot ketahanan varietas mekongga super dengan Bios 44 DC Kodim 0617/Majalengka, tahun 2021 tersebut, dilaksanakan di area lahan percontohan milik Kodim setempat yang dihadiri BPP Kecamatan Majalengka, Edi Suhada, Jumat (2/7/2021)

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, peningkatan hasil panen luar biasa yang diperlihatkan formula Bios 44 DC di lahan demplot yang dikelola langsung oleh Kodim 0617/Majalengka tersebut.

“Hasilnya mengalami peningkatan. Dari luas sawah 1 hektare, kita menghasilkan 5 ton dan 300 kwintal padi. Sehingga diprediksi bakal menggeser dominasi penggunaan pupuk kimia,” katanya

Dengan adanya percontohan tersebut, dandim berharap para petani di Kabupaten Majalengka bisa beralih menggunakan Bios 44 DC. “Semoga petani perlahan-lahan bisa mengurangi penggunaan kimia yang bisa merusak ekosistem.

Letkol Inf Andik Siswanto menjelaskan, bahwa Bios 44 DC sendiri merupakan gabungan simbiosis mutualisme dalam bentuk larutan yang sudah di formulasi yang terbukti efektif untuk menyuburkan tanah. Sehingga lahan yang tadinya kurang produktif bisa berdaya kembali.

“Pendekatan secara organik akan terus kita sosialisasikan secara terus menerus kepada para petani, bekerjasama dengan Dinas DKP3 Kabupaten Majalengka,” jelasnya

Dandim menambahkan, melalui panen demplot ketahanan varietas mekongga super dengan Bios 44 DC Kodim 0617/Majalengka, tahun 2021 ini, Diharapkan jadi percontohan bagi masyarakat, agar tetap produktif di tengah pandemi sekarang ini.

“Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara,” pungkasnya. (*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat