Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Pengerukan Sampah Desa Kalisari “Atasi Masalah Lama Menanam Masalah Baru”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Losari – Keberadaan sampah yang menumpuk dan berserakan di irigasi sekunder Desa Kalisari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon, melakukan pengerukan sampah. Namun sangat disayangkan sampah hanya dibuang ditanggul. Hal itu membuat was-was masyarakat sekitar, jika hujan lebat datang maka sampah hasil kerukan itu, akan terbawa banjir masuk ke pekarangan dan bahkan ke rumah warga.

Menurut M. Tatang salah seorang warga Desa Kalisari yang rumahnya tepat berada didepan tanggul irigasi, mengungkapkan, keberadaan sampah di irigasi sekunder Desa Kalisari yang mengendap hingga ratusan kubik tersebut membuat aliran irigasi tersendat. Sebab, sudah bertahun-tahun tak pernah dinormalisasi atau dikeruk, dalam dua minggu terahir pihak Dinas PUPR Kabupaten Cirebon melaksanakan pengerukan, meski awalnya merasa senang namun kesenangan tersebut mengancam petaka dirinya yang lebih besar. “Dikira awalnya irigasi itu dikeruk sampahnya dan diangkut dibuang, ternyata hanya ditumpuk ditanggul tanpa diangkut. “Ungkapnya.

Lebih dari itu, kata Tatang, tumpukan sampah diatas tanggul dengan jumlah ratusan kubik, warga akan merasakan imbas bau yang sangat menyengat. Karena, hasil proses pengerukan sampai dua minggu belum juga diangkut. Akhirnya warga merasa menjadi ancaman baru, sudah bau setiap hari dirasakan, timbul lagi was – was bagi warga khawatir musim hujan sampah tersebut terbawa air hujan yang akhirnya berserakan dan terbawa arus air masuk ke halaman rumah bahkan mungkin masuk kerumah – rumah warga.

” Apa daya kami warga desa Kalisari tak bisa berbuat apa-apa, akan tetapi sebagian warga mencoba membuang sendiri sampah-sampah tersebut agar saat hujan tiba, sampah tidak berserakan dihalaman rumahnya. Kami berharap kepada pemda terkait, agar sampah tersebut jangan hanya ditumpuk, namun diangkut. “Tandasnya.

Sementara itu disampaikan Camat Losari, H. Moechlas, bahwa pihaknya memang mengetahui jika saluran sekunder disepanjang wilayah Kecamatan Losari sampai Kecamatan Pabedilan sedang dilakukan normalisasi yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Cirebon. Akan tetapi kata Moechlas, sepanjang saluran memang dikeruk dan sampahnya dibuang, namun pihaknya merasa aneh jika di saluran di Desa Kalisari hanya ditumpuk ditanggul. ” Ini jelas akan menjadi masalah baru bagi warga sekitar. Besok saya datangi Dinas terkait, yang pasti sampah-sampah tersebut harus diangkut jangan sampai menimbulkan masalah baru. ” Tegas Camat Moechlas. (Red *)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat