Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Berita Nasional Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Pemdes Waruduwur “Berdayakan Warga Jadi Petani Tebu Yang Potensial,”

Pemdes Waruduwur “Berdayakan Warga Jadi  Petani Tebu Yang Potensial,”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon. Mundu –  Pemerintah desa Waruduwur memberdayakan petani tebu khususnya di kawasan tanah bengkok desa seluas 25 hektar di Kecamatan  Mundu Kabupaten Cirebon. Hasil kerjasama Pemdes dengan PG. Rajawali ini, untuk meningkatkan kesejahteraan warga dengan memperdalam pengetahuan  tentang teknik budi daya serta penggunaan informasi cuaca dan iklim cara menanam tebu.

Hal itu dikatakan Kuwu Yadi Desa Waruduwur, bahwa sektor pertanian sangat berdampak terhadap perubahan iklim, termasuk tanaman tebu. Dari akibat tidak adanya yang menyewa lahan bengkok desa, akhirnya Pemdes bekerjasama denga PG. Rajawali menggarap lahan tersebut untuk di jadikan lahan tanam tebu dengan memberdayakan warga desa sebagai petani tebu.

” Saya berharap, warga desa sebagai petani tebu berkembang dan tumbuh baik dari sektor ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Petani dapat belajar dari Mandor PG. Rajawali, tentang cara pemeliharaan tanaman, pengendalian gulma dan hama, mengamati lingkungan sekitar kebun, mengukur suhu udara, serta menganalisis kondisi tanah. Dan, petani mempelajari dan langsung menerapkannya pada petak percontohan.” ungkap Kuwu Yadi.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdes Waruduwur Minggu memaparkan, petani tidak hanya dapat membudidayakan tebu dengan lebih baik, namun juga bisa meningkatkan ekonomi warga desa dan pemberdayaan SDM serta SDA masyarakatnya.

“Pemberdayaan petani tebu telah dilaksanakan di desa Waruduwur di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Pemdes, petani dan PG. Rajawali berkomitmen untuk memberdayakan warga dari sektor ekonomi dan kesejahteraan serta pengetahuan yang telah diterima oleh petani tebu.” Tandasnya.

Lanjut Sekdes, pengembangan lahan bengkok desa seluas 25 hektar, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi petani tebu. Dengan adanya lahan tersebut diharapkan tebu hasil petani dapat diserap secara ekonomi maksimal dan menjadi desa yang potensial. Ujar Sekdes Minggu kepada CirebonOnline.com (Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat