Pemdes Mundu Mesigit Perkuat Gerakan Ketahanan Pangan Desa “Ternak Kambing”

Cirebon Online

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Kabupaten Cirebon, – Pemerintah Desa Mundu Mesigit Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Jawa Barat, sedang menggerakkan dan mendorong masyarakat dengan ternak kambing untuk memperkuat ketahanan pangan desa.

“Langkah ini sebagai upaya untuk percepatan penyelenggaraan program ketahanan pangan di mulai dari masyarakat desa untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga,” kata Kuwu Syarifudin kepada Cirebon Online. Selasa (7/5/2024).

Menurutnya dalam rapat koordinasi dan konsolidasi bersama masyarakat di blok Mundu Mesigit, warga sangat setuju dengan Ternak Kambing Jawa dalam membangun ketahanan pangan desa untuk kesejahteraan masyarakat.

” Alhamdulillah masyarakat desa turut bergerak untuk berternak kambing dan lainnya dengan memanfaatkan lahan sebagai langkah untuk mendukung ketersediaan pangan,” ungkapnya.

Kuwu Syarifudin pun menambahkan kepada masyarakat yang memiliki satu visi dalam pembangunan ketahanan pangan desa untuk koordinasi dalam memprioritaskan pembangunan ketahanan pangan dengan mengacu pada program pemerintah daerah dan pusat.

Jadi pada saat rapat koordinasi, kita harus menyamakan persepsi dalam melaksanakan pembangunan di sektor peternakan kambing di desa Mundu Mesigit.

“Alhamdulillah sebanyak 10 kandang kambing telah di siapkan untuk 20 kambing yang menjadi program pemerintah desa sesuai program pemerintah daerah dan pusat dapat diselaraskan dengan program di desa,” ucapnya.

Lanjut kata Kuwu Syarifudin, bahwa ada tiga pilar ketahanan pangan yang menjadi prioritaskan dalam melaksanakannya di desa juga daerah.

Oleh karena itu, ketergantungan dengan luar daerah masih tinggi terhadap ketersediaan pangan daerah, maka produksi pangan lokal harus ditingkatkan untuk kekuatan pangan masyarakat.

” Jadi ada tiga pilar itu adalah ketersediaan pangan, keterjangkauan harga dan pemanfaatan bahan pangan lokal,” Terangnya.

Ia pun mengharapkan peran masyarakat desa dapat memahami langkah kebijakan yang akan diambil dalam mempersiapkan program pembangunan ketahanan pangan. Pungkasnya. (Toto M Said)

Spread the love