Pemdes Ciledug Tengah Belajar Pengelolaan Sampah Ke Banyumas Jawa Tengah

Cirebon Online

Kabupaten Cirebon, – Pemdes bersama kelompok tani, lembaga Desa serta tokoh masyarakat baru baru ini adakan kunjungan study banding pengelolaan sampah ke Banyumas Jawa Tengah.

Rombongan yang menggunakan bis bertolak dari Ciledug menuju Banyumas pagi hari dan kembali tengah malam.
Banyak pengalaman serta ilmu yang di dapat dari study banding tersebut.

” Insya Allah bisa di terapkan di Ciledug Tengah,” kata Kuwu Ciledug Tengah Yuda Irwansyah ketika di temui di kantornya. Selasa (14/5/2024).

Lebih jauh Yuda menjelaskan bahwa persoalan sampah akan menjadi prioritas program bagi Pemdes Ciledug Tengah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

“Itu sebab kami bersama lembaga Desa dan kelompok tani serta tokoh masyarakat meninjau langsung untuk belajar pengelolaan sampah ke Banyumas Jawa Tengah,” tuturnya.

Menurutnya, untuk tempat pengelolaan sudah kami siapkan di atas tanah seluas 2 hektar titisara Desa dan insya Allah secara bertahap kami segera merealisasikan sesuai dengan kemampuan anggaran yang tentunya mulai anggaran tahun depan.

Jika hal ini bisa terwujud akan banyak membuka lapangan kerja serta tumbuhnya pemberdayaan masyarakat. Hitungannya dalam satu hari jika kita kelola 1,5 ton sampah bisa berbentuk organik baik cair maupun serbuk yang bisa untuk peningkatan produksi pertanian.

Oleh karena itu, Pemdes akan fokus pengelolaan sampah masuk pada prioritas program. Semua kami upayakan tentunya mohon doa serta dukungan serta partisipasi semua masyarakat.

“Semoga Ciledug Tengah bisa terbebas dari persoalan sampah,” harap kuwu Yuda. (Red/Adang Juhandi)

Spread the love

Tinggalkan Balasan