Pemda Majalengka: Gelar Diseminasi Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) se-Jawa Barat

Cirebon Online

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Majalengka, – Pemerintah Kabupaten Majalengka menjadi tempat digelarnya Diseminasi Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) se-Jawa Barat, Bupati Majalengka Dr.H.Karna Sobahi,M.M.Pd., membuka kegiatan tersebut, bertempat di Convention Hall Fitra Hotel, Kamis (16/11/2023).

Forum tersebut dihadiri oleh para Staf Ahli Kepala Daerah se-Provinsi Jawa Barat, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kab.Majalengka beserta para Kapala OPD, Dirut BIJB, Pincab Bank BJB Majalengka, serta Para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, H. Wawan Sarwanto,S.H.,M.H., Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan menyampaikan bahwa kegiatan Diseminasi Forum Staf Ahli Kepala Daerah Jawa Barat Tahun 2023 ini sebagai wadah silaturahmi dan juga ajang diskusi antar Staf Ahli Kepala Daerah se-Jawa Barat mengenai isu-isu strategis Nasional yang berkaitan dengan daerah Kabupaten dan Kota di Jawa Barat, kegiatan digelar selama tiga hari yaitu tanggal 15 hingga 17 November 2023.

“Adapun tujan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi dan kualitas Staf Ahli Kepala Daerah, selain itu sebagai sarana kordinasi dan sharing informasi keselarasan program daerah di Jawa Barat serta pembahasan program agenda kerja a
rutinan FORKADA Jawa Barat,” ucap Wawan.

Masih dikatakan wawan, melalui kegiatan Diseminasi Forum FORKADA ini diharapkan akan menciptakan keselarasan dan keterpaduan hubungan kerja antara para Staf Ahli baik itu Staf Ahli Bupati/Walikota dan Gubernur di Jawa Barat, selain itu melalui Forum ini Para Staf Ahli diharapkan untuk terus menjalin kerjasama dan berkonsultasi dengan para Kepala OPD di daerahnya masing-masing guna mempercepat perwujudan indikator kinerja Kepala Daerahnya masing-masing, dalam salah satu agendanya para peserta forum diajak berkeliling ke beberapa wilayah di Kota Majalengka, diantaranya pusat Kota dan Pendopo serta berbagai spot lainnya, alhamdulillahnya kesan positif serta perasaan kagum ditujukan para peserta forum terhadap pesatnya perkembangan Kab.Majalengka.

” Alhamdulillah dengan kesan positif yang ditunjukkan para peserta FORSAKADA Jawa Barat terhadap perkembangan Kab.Majalengka saat ini dan juga Majalengka dianggap telah berhasil menggelar agenda pertemuan FORSAKADA tingkat Jawa Barat, untuk itu terdapat harapan kedepannya Kab.Majalengka dianggap mampu dan bisa menggelar agenda FORSAKADA tingkat Nasional,” Ungkap Wawan.

Sementara itu adapun sambutan dari Ketua FORSAKADA JAWA BARAT, Dr. Asep C. Cahyadi, M.Si., mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka yang telah sukses menggelar kegiatan Diseminasi Forum FORSAKADA Jawa Barat Tahun 2023, menurutnya forum ini digelar tidak hanya di level Provinsi namun di tingkat Nasional juga dimana pada tahun 2022 lalu Rakernas FORSAKADA digelar di Kab.Banyuwangi Provinsi Jawa Timur.

“Forsakada berkontribusi memberikan masukan kepada Kepala Daerah, sehingga kebijakan yang dihasilkan daerah bisa berjalan lebih efektif demi meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” kata Asep.

“Kami dari segenap jajaran FORSAKADA Jawa Barat mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kab.Majalengka yang telah sukses menggelar agenda Diseminasi forum Forsakada yang telah menjadi agenda rutin tiap tahunnya, dan berharap peran Staf Ahli di Kab.Majalengka dan daerah lainnya dapat lebih berkontribusi bagi Kepala Daerah dalam pelaksanaan pembangunan dan roda pemerintahan,”ujarnya.

Di tempat yang sama Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., mendukung dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan Diseminasi Forsakada Jawa Barat Tahun 2023 yang digelar di Kab.Majalengka, menurutnya peran staf ahli sangatlah penting dan strategis dalam memberikan masukan kepada Kepala Daerah bagi suksesnya roda pemerintahan.

” Untuk itu di Kab.Majalengka peran serta kedudukan Staf Ahli seyogyanya sama pentingnya dengan para Kepala OPD, oleh karena itu untuk menjabat sebagai Staf Ahli tidak dilakukan secara serta merta langsung ditunjuk namun prosesnya dilakukan secara Open Biding, oleh karena itu bagi pejabat di birokrasi Pemda Majalengka jangan merasa minder ketika menjabat sebagai Staf Ahli, sempat beredar stigma bahwa posisi Staf Ahli itu kurang begitu strategis namun pada kenyataannya berbanding terbalik justru Staf Ahli sangatlah penting bagi Kepala Daerah dalam menjalankan roda pemerintahannya,” Ujar Bupati.

“Saya selalu mengajak baik itu kepada Staf Ahli, Asisten Daerah, para Kepala OPD, untuk terus menjalin team work yang baik, karena Majalengka tidak akan tumbuh pesat menjadi Majalengka seperti sekarang ini jika tidak berjalan bersama-sama,” tutur Bupati. (*)

Spread the love