Pembangunan Pamsimas Desa Mundu Mesigit “Akan Memenuhi Air Bersih Ke Warga Blok Mesigit Untuk MCK”

Cirebon Online 

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Kabupaten Cirebon, – Pemerintahan desa Mundu Mesigit, Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Jawa Barat, mendapatkan bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk mengairi 160 lebih sambungan air bersih dari pemerintah pusat pada 2024.

Disampaikan kuwu Mundu Mesigit Syarifudin, sambungan air bersih dari pemerintah dengan program Pamsimas itu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan ditambah swadaya masyarakat. 

“Program Pamsimas ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan umum berupa air bersih bagi masyarakat, supaya pola hidup bersih dan sehat terutama berkaitan dengan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK),” katanya. 

Kuwu Syarifudin Ia menambahkan program Pamsimas sedang di bangun di areal pesawahan di lokasi dekat petilasan syekh Kilobama.

“Kami sedang membangun intek, bak penampungan air, pipa induk, pipa distribusi dan meteran,” ungkapnya. Kamis (10/7/2024).

Lebih dari itu, di jelaskan kuwu Syarifudin, untuk pembersihan jalan, lokasi sumber air dengan jarak sekitar tiga kilometer dari pemukiman, bak penampungan dan lainnya dilakukan secara gotong royong.

“Kita akan melakukan gotong royong dengan melibatkan warga untuk membersihkan jalan, lokasi sumber air dan bak penampungan,” katanya. 

Ia juga mengakui sumber air di pesawahan tersebut, sangat bagus dengan kapasitas debit air lima liter per detik. 

Jadi, dari hasil laboratorium, air memenuhi standar untuk kebutuhan sehari-hari bagi warga di blok desa Mundu Mesigit.

Sementara itu, RW Blok Mesigit yang akrab dipanggil Gepeng menambahkan, dengan dibangunnya Pamsimas untuk warganya disambut senang dan bahagia karena akan menikmati air bersih untuk kebutuhan mandi, mencuci dan keperluan lainnya. 

“Masyarakat sangat terbantu dengan adanya program Pamsimas ini, karena sebelumnya sumber air milik pribadi dengan memasang pipa ke sumber air lain,” imbuhnya. (Toto M Said)

Spread the love