Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Mahasiswa Teknik Geologi UNPAD Bandung Jejaki Manifestasi Panas Bumi Wisata Air Panas Palimanan

ToyaCirebonOnline

Palimanan kab. Cirebon 2 Mei 2019, Sebanyak 200 mahasiswa dari Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung  Fakultas Teknik Geologi angkatan 2018 berkunjung di Obyek Wisata Banyu Panas Palimanan, yang terletak  16 km dari pusat kota Cirebon dan dapat ditempuh kurang lebih 25-35 menit. Dimana, Obyek Wisata Banyu panas tersebut merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun dari kota-kota lain terutama yang tidak jauh atau masih berbatasan langsung dengan kota Cirebon, seperti dari Majalengka, Kuningan, Indramayu dan kota-kota lainnya. Banyu Panas Palimanan terletak di Jalan Cirebon – Bandung, Desa Palimanan Barat, Kec. Gempol Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Agus Didit selaku Dosen Geologi Unpad menyampaikan, pada mahasiswa Fakultas Teknik Geologi bahwa, kunjungan kali ini ke sumber air panas palimanan untuk mengenalkan jenis manifestasi dari panas bumi dalam hal Geokimia di sumber air panas yang terletak di pegunungan kapur Gunung Kromong Palimanan.

Agus Didit juga memaparkan munculnya mata air panas, pada dasarnya dipengaruhi oleh geotermal (energi panas bumi) yang membuat temperatur air tanah meningkat dan membuatnya keluar ke permukaan tanah sebagai mata air panas.
Energi panas bumi adalah energi panas alami dari dalam bumi yang ditransfer ke permukaan bumi secara konduksi dan konveksi. Sedangkan Geokimia adalah salah satu metoda yang digunakan dalam melakukan eksplorasi  panas bumi, adapun parameter yang digunakan meliputi data  hasil analisa kimia air, gas, Hg tanah dan CO2 dalam udara tanah yang dapat dijadikan data informatif untuk melakukan interpretasi geokimia panas bumi di daerah tersebut. Ujarnya.

Sementara itu Agus Suryadipraja Pengelola Wista Banyu Panaspun menjelaskan, kepada mahasiswa Unpad  bahwa, tempat pemandian Banyu Panas Palimanan tersebut memiliki sumber mata air yang mengandung belerang dan tempat wisata. Wisata ini dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 4 hektar oleh Indocement yang dikelola oleh Koperasi Karyawan kerjasama dengan Didbudparpora  dimana selain kolam berendam yang berukuran 10 m x15 m terdapat fasilitas lainnya seperti tempat bilas, jogging track, dan juga Gazebo dan mainan anak. ” Wisata ini kami sediakan untuk masyarakat sekitar untuk refreshing bersama keluarga sambil berendam banyu panas dan apa yang ada di Obyek Wisata ini, semoga bisa bermanfaat untuk kajian dan pengetahuan bagi para mahasiswa Unpad Bandung.” imbuhnya. (Emonef)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat