Mahasiswa KKN Unswagati dan Pemdes Banjarwangunan Melakukan Penanaman Puluhan Pohon

Cirebon Online
Kab. Cirebon, Mahasiswa KKN Unswagati Kota Cirebon bekerja sama dengan Pemerintah desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Melaksanakan kegiatan penanaman puluhan pohon di sepanjang jalan menuju perumahan Labunta.

“Penanaman pohon dilaksanakan bersama perangkat dan lembaga desa Banjarwangunan di jalan alternatif menuju perumahan Labunta dengan mengusung tema “Hijau Bumiku Lestari Lingkunganku”. Kata Kuwu Sulaeman melalui Sekdes Oby didampingi Kadus Kasdiman. Selasa (6/9/2022).

Lanjut Sekdes menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini dilatarbelakangi dengan semakin menipisnya sumber paru-paru dunia dan juga banyaknya bencana alam seperti banjir,vtanah longsor dan kekeringan air.

“Jadi dengan penanaman pohon ini diharapkan terciptanya sinergitas pelaksanaan penanaman pohon yang bertujuan untuk penyerapan karbondioksida (CO2) di atmosfer untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim,” tuturnya.

Oby pun mengharapkan, partisipasi terhadap kebutuhan pangan, energi dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kesadaran semua pihak untuk menanam dan memelihara pohon.

“Kalau tumbuhan terawat dan tumbuh dengan bagus supaya bisa menangkal, minimal bencana itu tidak terjadi, jadi kalau musim hujan ketika pohon-pohon subur bagus, tidak terjadi longsor serta banjir dan ketika musim kemarau tidak kekeringan,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kadus Kasdiman, masyarakat sangat jarang memanfaatkan ruang terbuka untuk penanaman pohon, karena tidak memiliki nilai ekonomi. Kebanyakan ruang terbuka dimanfaatkan untuk ruang terbangun.

“Selain itu juga, masyarakat juga memiliki lahan yang terbatas,” terangnya.

Padahal ungkap Kasdiman, ketika musim kemarau perakaran pohon bisa menyimpan air lama sehingga merilis air pelan-pelan saat kemarau tiba.

“Penanaman pohon ini nantinya bisa menanggulangi bencana kekeringan saat musim panas karena di sepanjang jalan Labunta serta peresapan air sangat kurang,” tandasnya. (Toto M Said)

Spread the love

Tinggalkan Balasan