Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Kuwu Sofyan Akan “Utamakan Kearifan Lokal dan Meningkatkan Ekonomi Warga Dalam Pembangunan Pabrik Nanti”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Mundu – Setelah adanya ketegasan statement kuwu Muhamad Sofyan desa Bandengan, kecamatan Mundu, kabupaten Cirebon. Bahwa dirinya tidak menjual tanah negara (TN) dan dilakukan sosialisasi warga dan tokoh masyarakat setempat, terkait adanya proyek pemagaran bibir pantai.

Hari ini dilakukan pengukuran dan pematokan batas tanah warga dengan perusahaan yang melibatkan pemdes Bandengan, warga, pihak perusahaan di kawal Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar tetap kondusif. “Pengukuran batas wilayah tanah dan pematokan tanah kurang lebih 9 hektar yang berbatasan dengan tanah milik warga desa Bandengan. Alhamdulillah berjalan aman serta kondusif.” Jelas Kuwu Sofyan kepada CirebonOnline.com. Sabtu (03/10/2020).

Disampaikan kuwu Sofyan, pihaknya telah melakukan sosialisasi di tingkat RT, RW dan masyarakat. Dan yang perlu di perjelas lagi masalah tanah tersebut adalah milik warga dan telah besertifikat. Pasalnya sejak 2013 yang lalu, tanah kurang + 9 hektar itu, telah di urus oleh pihak berwenang untuk berlebel sertifikat. Dan, Saya sifatnya hanya mengetahui dan memfasiltasi pembelian tanah tersebut.

Bahkan Kuwu Sofyan berjanji, bila pembangunan pemagaran dan sampai beroperasinya perusahaan tersebut, akan mengutamakan kearifan lokal (putra daerah) untuk pegawai atau karyawanya.
” Saya berharap, adanya pembangunan pabrik ini, dapat meningkatkan kemajuan ekonomi warga setempat. Jadi, kepada warga desa Bandengan, agar tetap tenang dan selalu menjaga kondusifitas lingkungan tetap nyaman serta aman.” harapnya.

Sedangkan tokoh masyarakat Sunandar desa Bandengan memginginkan, pihak pemdes untuk selalu berkoordinasi dan transparansi kepada warga sekitar, agar saling memahami dan mengerti apa manfaat dan kegunaan adanya invest yang masuk di desanya. ” Pada intinya kami mendukung adanya pembangunan perusahaan ini. Dia berharap pemdes dan perusahaan harus transparan, kooperatif dan sosialisasi duduk bersama dengan warga dalam pelaksanaan pembangunannya.” katanya

Sedangkan Sekdes Bandengan Nurkaman SH, menuturkan, pembangunan pabrik ini, nantinya akan berdampak pada rating ekonomi warga maju dan meningkat serta mengurangi pengangguran warga desanya. ” Alhamdulillah pelaksanaan batas tanah warga dan perusahaan telah dilakukan. Pihaknya mengajak semoga semua pihak bersama-sama untuk mendorong demi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa Bandengan.” katanya (Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat