Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Kuwu Sarja, “Desa Tersana Optimis 70 Persen Tidak Fuso”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Pabedilan– Kuwu desa Tersana kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon optimistis bisa menekan gagal panen pertanian di wilayahnya, saat musim kemarau tahun ini.

Seperti dikatakan Agustina Kepala UPT pertanian kecamatan Pabedilan, Dia mengharapkan masyarakat desa Tersana disamping bertani juga bisa memanfaatkan lahan yang kosong untuk diberdayakan sebagai tempat bercocok tanam sepeeti cabe bawang, sayur – sayuran dan lainnya. Sebagai salah satu solusi menekan angka mahalnya sayur sayuran saat menjelang lebaran dan masyarakat tidak panik saat menghadapi mahalnya harga cabe, bawang dan rempah – rempah di Kabupaten Cirebon. “Ayo, kita optimimalkan lahan pekarangan rumah sebagai alternatif untuk antisipasi melonjaknya harga tanam dan pangan untuk kebutuhan pokok seperti bumbu dapur rumah tangga. Jadi kita berdayakan lahan pekarangan sebagai alternatif tanam pangan untuk kebutuhan kita” ujarnya kepada , Selasa (09/07/2019).

Menurut Agustina, keyakinan warga desa Tersana khususnya petani harus cerdas dan bisa antisipasi dari pembelajaran ekonomi untuk masyarakat. Karena itu, kita harus bisa menopang kebutuhan pertanian dan rempah-rempah untuk kebutuhan kita sendiri. Sehingga, apabila ada kendala mahalnya kebutuhan pokok seperti beras, cabe dan lainnya bisa diatasi. Ujarnya. 

Hal tersebut di akui oleh Sekdes desa Tersana Gustaf, saat ini pihaknya sudah bisa antisipasi masalah perairan untuk sawah di wilayah desa Tersana agar tidak mengalami gagal panen. “Kami lakukan pengairan melalui pompa pantek untuk meminimalisir gagal panen, itupun dari sawah yang tidak terdapat sumber air (tadah hujan, red). Tetapi sawah yang ada sumber air atau aliran air masih tetap lancar,”  Ungkap Sekdes Gustaf.

Lanjut Sekdes Gustaf, kami sudah lakukan antisipasi pengairan sawah, walaupun memang belum bisa seratus persen karena masih dalam tahap perbaikan. Namun itu setidaknya sudah bisa menopang kebutuhan air untuk pertanian di desa Tersana Kabupaten Cirebon,” tuturnya.


Sementara itu,  kuwu Sarja Sugendri A. Md mengungkapkan, akan berusaha seoptimal mungkin untuk mengantisipasi gagal panen di desa Tersana Kabupaten Cirebon. “Kita usahakan semaksimal mungkin untuk antisipasi kekeringan dan gagal panen dengan menyiapkan pompa – pompa untuk melakukan pengairan dengan pemantauan dan usaha lainnya ,” jelas Kuwu Sarja.

Selain itu, distan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk  dalam menyukseskan musim tanam saat kemarau tahun ini. “Kita sudah siapkan pompa-pompa dan lainnya serta kita juga bekerjasama dengan pihak terkait,” pungkasnya. (Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat