Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Kuwu Qoribullah Desa Wargabinangun “Siap Menjadi Kampung Tangguh”

ToyaCirebonOnlinecom

Kab. Cirebon, Kaliwedi – Pemerintahan Desa (Pemdes) Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Sedang mempersiapkan program Desa kampung tangguh, sesuai apa yang direkomendasikan Kapolsek Kaliwedi, saat melakukan silahturahmi ke desa setempat. Kamis (13/08/2020)

” Desa Wargabinangun menyambut baik menjadi nominasi desa yang mempunyai banyak potensi dan di tunjuk kampung tangguh. Dan, program Kepolisian Republik Indonesia menjadi inspirasi dan motivasi bagi kami yang menjadi leading sektor kecamatan yakni Polsek Kaliwedi.” Jelas Kuwu Qoribullah pada Cirebon Online.com.

Diapun memaparkan, Desa Wargabinagun dikategorikan dan dinominasikan sebagai kampung tangguh, dikarenakan memenuhi kriteria dan banyak potensi SDM serta SDA untuk menjadi kampung tangguh yang dimiliki seperti, ketahanan pangan pertanian seluas sekitar 400 hektar, ternak Lele, penggemukan sapi, penggemukan Kambing, ternak ayam serta Desa Wargabinagun terkenal dengan kampung cincau (Orang Cerbon bilang cuing). Sebab warganya banyak menjadi petani cincau juga dalam pengolahannya. Ungkapnya.

Selain itu, kata kuwu Qoribullah S.H. juga Ketua FKKC Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Di desanya mempunyai program kesehatan gratis bagi masyarakat yang usia lansia.
Dari segi keamanan lingkungan desa, ada delapan Linmas yang aktif dan tentunya dibantu oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Wargabinangun. Sedangkan Linmas itu sendiri tersebar di empat dusun yang ada, sehingga setiap dusun memiliki dua Linmas aktif melayani dan mengabdi kepada masyarakat Desa Wargabinagun dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemdes.

“Alhamdulillah atas dasar kriteria tersebut Polsek Kaliwedi memberikan dan merekomendasikan Desa Wargabinagun menjadi salah satu nominasi desa di Kecamatan Kaliwedi untuk menjadi kampung tangguh,” Tandasnya.

Lebih dari itu, merealisasikan program kampung tangguh Qoribullah, akan meyiapkan lahan desa seluas lahan satu hektar untuk di berdayakan berbagai macam usaha seperti menyiapkan empang untuk ternak lele, ada unggas, itik atau Bebek petelor, domba dan penggemukan sapi, serta jenis pertanian lainnya.

Sementara itu, menurut Camat Kaliwedi August Fentristianto, Dirinya mengapresiasi dan mendukung penuh Desa Wargabinangun menjadi nominasi kampung tangguh. ” Saya berharap Pemdes segera menindaklanjuti dan merealisasikan menjadi desa percontohan baik di Kecamatan maupun di Kabupaten Cirebon, menuju desa mandiri warga sehat serta sejahtera,” Harap Camat August (Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat