Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Kuwu Pamengkang PKH Dan BPNT Data KPM Harus Di Validasi

CirebonOnline

Mundu – Salah satu bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bisa sampai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) harus dipastikan memenuhi target dan tepat sasaran sesuai program.

Hal tersebut dikatakan Kuwu Saefudin Zuhri desa Pamengkang kabupaten Cirebon, menyikapi program PKH dan Bpnt. Bahwa pada pelaksanaanya masih ada yang tidak tepat sasaran. Ia berharap Instansi terkait harus mengecek secara langsung apakah bantuan sampai ke tangan KPM. 

“Jangan sampai ada yang seharusnya berhak tetapi tidak menerima,” jelas Saefudin Zuhru saat memonitoring pileg dan pilpres 2019 didesanya,” Kamis (18/4/2019).

Lanjut Saefudin Zuhri, mengharapkan untuk berkomitmen penuh dalam upaya pengentasan kemiskinan dan penyaluran bantuan sosial yang tepat waktu dan tepat sasaran. 

Untuk bantuan beras, setiap KPM berhak mendapatkan beras 10 Kg setiap bulan. Untuk itu, Kuwu Saefudin berharap masyarakat tak usah takut untuk melaporkan kepada dinas atau pendamping jika ada penyimpangan dalam penyalurannya.

“Kitapun meminta kepada pemerintah pusat dan dinas terkait lainnya untuk melakukan pengecekan data dan validasi ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahun 2019 biar tepat sasaran untuk mengentaskan kemiskinan,” ujar Asep.

Ditambahkan Saefudin Zuhri, untuk mendukung pelaksanaan perluasan PKH tahun 2019, harus disiapkan sumber daya manusia pelaksana PKH di daerah untuk valudasi data yang akurat agar tidak terjadi simpang siur, yang tergolong mampu dapat PKH yang miskin terabaikan tidak dapat bantuan sama sekali. Ungkapnya

Sementara itu, total bantuan untuk Kabupaten Cirebon dari Kementerian Sosial pada tahun pada tahun 2018 adalah Rp418.097.150.000. Jumlah tersebut terbagi untuk PKH Rp199.966.140.000 menjangkau sebanyak 105.732 jiwa, Bantuan Beras Sejahtera sebesar Rp218.081.160.000 untuk 165.213 keluarga, serta Bantuan Hibah Dalam Negeri sebesar Rp49.850.000. ( Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat