Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Kuwu Lilis Daftar Balon Pilwu 2019. “Panitia Pilwu Harus Transparan dan Netral”

Toya CirebonOnline.com

Kab. Cirebon Astana  Japura  -Tahapan proses pemilihan kepala desa atau kuwu (pilwu) serentak di 187 desa di Kabupaten Cirebon dimulai. Terhitung sejak Agustus, penjaringan calon telah dimulai dan akan berpuncak pada tanggal 27 Oktober 2019 berupa pemungutan suara.

Hajatan politik lokal di tingkat desa tersebut, terjadi pada desa Kanci yang telah menerima pendaftaran  balon pilwu 2019 ,seperti Incumnben  Kuwu Lilis telah melakukan pendaftaran  Balon Kuwu Kanci dengan dikawal penduduk setempat  dari rumah kediaman menuju kantor desa Kanci  Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.

“Kami sudah melakukan pendaftaran melalui administrasi dan ketentuan serta syarat yang harus ditempuh bahkan sudah koordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk melengkapi persyaratan menjadi Balon Pilwu. Selain itu kata Incumben Pilwu desa Kanci Lilis memaparkan, ini hajatan politik tingkat desa yang membutuhkan konsentrasi luar biasa, terutama dari persiapan pembentukan kepanitiaan, pengadministrasian dan persiapan kampanye. Ditambah lagi dari persiapan memasuki tahap pencalonan dan puncak tahapan, yakni berupa pemungutan suara digelar satu hari, yakni tanggal 27 Oktober 2019. Diikuti 28 Oktober sampai 28 Desember 2019 berupa penetapan kuwu terpilih, kemungkinan ada gugatan. Serta Tahap terakhir  yaitu pelantikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2019.

“Kami mengharapkan seluruh anggota panitia Pilwu desa Kanci melaksanakan tugas dengan transparan dan netralitas anggota Pilwu dan  semuanya ikuti peraturan perundangan, perbup (peraturan bupati) sampai hal-hal teknis mengenai tahapan pilwu,” harap Lilis.

Ditambahkan Kuwu Lilis, Panitia Pilwu harus berpedoman pada komitmen terhadap aturan dan hal etik menyangkut netralitas kepanitiaan, termasuk perlunya menjaga kondusifitas selama pelaksanaan pilwu serentak terutama di desa Kanci. Tandasnya. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat