Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Kuwu Kosasih dan Pemdes Pamengkang Bentuk Posko Siaga Covid -19

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon – Dalam mengantisipasi dan memaksimalkan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Cirebon, Pemdes Pamengkang terus membangun sinergi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa, RT dan RW serta Piano Siaga Covid 19 Desa Pamengkang Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Kamis, (02/04/2020).

Hal itu dikatakan Kuwu Kosasih Desa Pamengkang, bahwa tidak saja di internal Pemda, Muspika dan Pemdes, sinergitas juga dibangun hingga ke tingkat Rt, dan Rw sebagai ujung tombak di lapangan. Hal ini dilaksanakan dengan pembentukan Posko Siaga Covid-19 yang melibatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan Virus Corona yang melanda bangsa Indonesia.

“Pemdes merupakan lapisan terbawah pemerintah memiliki peran yang fital. Karena Pemdes, Rt, Rw, memiliki akses langsung dengan masyarakat. Sehingga dengan cara persuasif dan silaturahmi dapat memberikan edukasi bagi masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona ini.” Ungkapnya. 

Sedangkan Posko Siaga Covid-19 di tingkat desa, kata kuwu Kosasih, tugasnya untuk melakukan pemantauan wilayah, memberikan informasi, saran dan himbaun, monitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan Corona Virus Desease (Covid-19). Bahkan dilakukan pula pencegahan seperti penyemprotan disinfektan secara rutin di fasilitas umum juga bagi warga pendatang dari luar kota. Sehingga sinergitas penanganan hingga lapisan terbawah diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

“Kami melaksanakan langkah preventif, sebagai upaya untuk memutus penyebaran virus corona di masyarakat, mulai dengan sosialisasi social dan physical distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, serta memastikan arahan pemerintah pusat, pemerintah povinsi, dan pemerintah daerah dapat terapkan dengan baik ditingkat desa, Rt dan Rw,” jelas kuwu Kosasih. (Toto M Said).

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat