Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Kuwu Edi Suhaedi Berharap Insan Pers Menjadi Mitra Pemdes yang Baik dan Proposional

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon – Kuwu Edi Suhaedi desa Buntet, kecamatan Astanajapura, kabupaten Cirebon, berharap insan Pers dapat menjadi mitra pemerintah desa yang baik dan proposional sebagai partner kerja dalam melaksanakan program pembangunan di desa supaya berkembang, maju serta menjadi desa mandiri. 

Menurut kuwu Edi Suhaedi selaku ketua Korwil. FKKC di kabupaten Cirebon, juga salah satu kuwu yang menjabat dua periode ini memaparkan, bahwa Insan pers adalah pekerjaan yang mulia, karena selalu memberikan informasi kepada publik.
” Pers menjadi pilar penentu, maju mundurnya pembangunan di negeri ini, sebab dari pemberitaan, publikasi yang disampaikan media menjadi produk Pers dan di konsumsi oleh masyarakat. Dengan kebebasan Pers di Indonesia, fungsi media cetak, elektronik dan medsos. Insan Pers, begitu sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi di negeri ini,” Tandas kuwu Edi Suhaedi, saat ditemui Jurnalis Kreator Jabar diruang kerjanya. Jumat (06/03/2020).

Diapun menjelaskan, bahwa kedudukan pers pada negara Republik Indonesia. “Pers pada hakekatnya berfungsi sebagai alat kontrol sosial dalam dunia demokrasi. Fungsi Kontrol sosial tersebut tentunya semakin menguatkan peran dan fungsi pers dalam masyarakat, karena dalam iklim demokrasi pada saat ini Pers adalah Pilar ke-4 demokrasi setelah lembaga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif,” Ujarnya.

Kuwu Edipun berharap Pers harus proporsional dalam pemberitaan harus berimbang, gunakan bahasa yang baik, jelas, dan lunak. “Pers jangan memuat berita yang memancing kegaduhan masyarakat. Pers bertanggung jawab untuk meredam isu-isu yang dapat memicu kekacauan, apabila terjadi gangguan stabilitas di lapangan,” ungkapnya.

Bahkan dirinya menilai, jika Pers tidak menjalankan tugas secara berimbang dan obyektif, maka akan berdampak negatif. Seperti saat Insan pers membuat berita hoax dengan kalimat yang mendiskriminasi seseorang atau informasi yang tidak obyektif, maka bisa dipastikan dampak akibatnya, seperti, ganguan ekonomi, kemasyarakatan, kestabilan Kamtibmas dan berdampak pada sosial serta publik,” Pungkasnya. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat