Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Berita Cirebon

Kuwu Desa Banjar wangunan sedang Lakukan pembaharuan system Pusat kesejahtran sosial (Puskesos)

CirebonOnline

Kec. Mundu – Desa Banjarwangunan kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, sedang giat melakukan pembaharuan system pembentukan Pusat kesejahtran sosial (Puskesos). Pembaharuan tersebut sudah menjadi keharusan untuk merubah paradigma masyatakat atas kepedulian pemdes dan Pemda kepada masyarakat miskin. 

Hal tersebut diungkapkan Kuwu Dedi Setiawan kuwu Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, bahwa pembentukan Puskesos ini adalah salah satu program yang di biayai oleh APBN dan APBD Kabupaten Cirebon yang diperuntukan untuk menanggulangi masalah kemiskinan.


“Untuk sementara baru 21 warga yang direvisi mundur dari PKH dan Bpnt tidak mendapat bantuan tersebut, sedangkan yang masuk mendapat bantuan PKH dan Bpnt sudah terdata 30 orang. Rencananya tahun 2019 ini harus sudah selesai perubahan system saat mendapatkan bantuan PKH dan Bpnt didesanya,” ujar Kuwu Dedi Setiawan, saat ditemui CirebonOnline.

Dikatakan Kuwu Wawan panggilan akrabnya,  tugas pokok dari Puskesos berdasarkan Permensos no 15 tahun 2018 tentang Sistem layanan dan rujukan terpadu. adalah mengakomodir keluhan masyarakat terhadap permasalahan kemiskinan.

“Kami menargetkan tahun ini semua warga sudah membentuk Puskesos ini dan dasar dari pembentukan Puskesos di setiap desa itu mengacu pada Perbup no 62 tahun 2018 tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian dana desa, setiap desa di Kabupaten Cirebon tahun 2019,” katanya.

Ditambahkan kuwu Wawan, selain mengakokomodir keluhan masyarakat miskin. Puskesos juga bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat miskin yang membutuhkan pelayaran sampai tuntas, dan juga melakukan perbaikan atau validasi data BDT di desa terbaru.

Wawan juga menjelaskan, anggaran yang digunakan dalam kegiatan Puskesos ini berdasarkan Perbup no 62 tahun 2018 ini nantinya diambil dari APBdes.

“Manfaat dari adanya Puskesos ini sangat besar sekali, terutama bagi masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Cirebon ini, salah satunya adalah mengakomodir warga miskin yang belum tertampung oleh program pemerintah seperti PKH dan lain sebagainya,” jelas Wawan.

Bahkan Wawan berharap, semua warga bisa terupdate secepatnya di Puskesos ini, sehingga program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Cirebon bisa secepatnya diatasi. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat