Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Kuwu Desa Bakung Kidul inovatif dan Tiem Work Harus Bersinergi Agar Menjadi Desa Mandiri

Cirebon Online

Kabupaten Cirebon, Losari – Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, merupakan salah satu desa yang banyak memiliki inovasi dari desa kumuh menjadi desa berkembang dan mandiri.

Oleh sebab itu, desa Ambulu yang merupakan desa yang berada di ujung Wilayah Timur Cirebon dan merupakan salah satu perbatasan dengan Jawa Tengah sering di jadikan rujukan desa lain untuk study banding. Salah satunya desa Bakung Kidul, Kecamatan Jamblang baru-baru ini mengadakan study banding bersama Camat ke Desa Ambulu. Dan, sejumlah perangkat juga lembaga desa di ajak untuk melihat langsung potensi desa Ambulu Kabupaten Cirebon. Senin (17/08/2021).

Dikatakan Kuwu Bambang desa Bakung Kidul, ada beberapa hal yang bisa kami dapatkan dari desa Ambulu diantaranya untuk merubah desa lebih maju dan mandiri harus banyak memiliki inovasi yang di lakukan kuwu dan ditunjang oleh tiem work yang solid dan kuat dari mulai perangkat desa, lembaga desa hingga tokoh masyarakat.

Desa Bakung Kidul
inovatif dan Tiem Work Harus Bersinergi Agar Menjadi Desa Mandiri

“Salah satunya yang ditangkap oleh kami dalam study banding pada hari ini adalah inovasi dan tiem Work dari perangkat desa dan jajaran pemuda dan tokoh masyarakat juga instansi terkait lainnya.” Kata Kuwu Bambang.

Menurutnya, berapapun besarnya dana desa jika Kuwu tidak memiliki menegement dan inovasi yang ditunjang oleh tiem work tetap saja, desa tidak akan cepat berubah. Bahkan mungkin saja, jadi desa yang hanya ketergantungan dari kucuran anggaran dari pusat semata.

Lanjutnya, sementara masyarakat sangat menunggu bukti dari kinerja Kuwu dan pemdes untuk direalisasikan dan pembangunannya dirasakan oleh warganya. “Nah disinilah peran seorang kuwu untuk memiliki inovasi baru yang ditunjang support tiem work dan bukan wan man show saja. Namun bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
“Semoga dengan study banding ke desa Ambulu, ada yang bisa diterapkan di desanya untuk lebih baik dan maju, menuju desa mandiri.” Harap Kuwu Bambang. (Adang Juhandi)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat