Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Kuwu Agus Panongan Lor “Siap Membangun Tingkatkan Ekonomi Warga dan PAD”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Sedong – Setelah dilakukan pelantikan kuwu serentak, pemerintah desa Panongan Lor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Kuwu Agus akan mempercepat pembangunan desa dalam memprioritaskan  program pembangunan untuk pengembangan  kawasan perdesaan baik, pemberdayaan Stunting, pembangunan desain infrastruktur mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan sarana lainnya.

Dikatakan Kuwu Agus desa Panongan Lor kecamatan Sedong kabupaten Cirebon, akses pembangunan masih akan dibangun untuk menjadi produk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menambah PAD desa. oleh karena itu pihak pemdes akan membangun sarana panggung budaya, tugu desa dan taman pancuran, untuk dijadikan ajang keramaian bermain, pasar malam atau sejenisnya agar warga Panongan Lor membuat produk desa seperti UKM yang produknya bisa diserap pangsa pasar. 

“Prinsipnya, Saya akan utamakan program pemberdayaan stunting, Bumdes, pembangunan infrastruktur dan pertanian untuk peningkatan ekonomi di desa,” ujar kuwu Agus, Selasa (07/01/2020).

Selain itu kata kuwu Agus, pemerintah desa bersama instansi terkait dan warga Panongan Lor akan fokus pada pembangunan infrastruktur desain desa, tugu desa, taman air mancur dan panggung desa untuk memperindah desa dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi warga. 

“Kalau sarana panggung dan tugu sudah jadi,  dengan semarak pasar malam dan panggung budaya juga diisi hiburan yang dikelola desa. Ini menjadi pendapatan desa dan UMK yang dapat menciptakan daya jual beli warga sekitar membuat ekonomi desa berjalan dan maju, ” Harapnya. 

Kuwu Aguspun memaparkan, program berikutnya adalah membangun dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian sesuai yang diharapkan petani agar mencapai tiga kali panen dalam setahun. Agus juga akan mensupport untuk Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi program prioritas juga. Sebab, BUMDes diproyeksikan menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat. Dengan mengedepankan potensi unggulan di desanya, Ia berharap unit usaha BUMDes dapat terdiri dari berbagai jenis, seperti pengelola pasar malam desa, panggung budaya dan pemberdayaan UMK warga setempat bisa optimal dan berkembang untuk warganya.

” Kami berharap, generasi muda pun dapat menyalurkan aktivitas positif untuk kemajuan desa Panongan Lor agar terhindar dari narkoba, tawuran, dan radikalisme. Sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan di desa Panongan Lor adanya Festival Desa, panggung budaya maupun yang lainnya, dapat bemanfaat untuk meningkatkan generasi muda berperan aktif demi kemajuan desa Panongan Lor.” Tandasnya. (Toto M Said).   

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat