Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Kabupaten Cirebon

Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon Gelar Kunker Sosialisasi Pilwu Serentak 2021

Cirebon Online

Kab. Cirebon – Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Desa Blender, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon. Dalam kunjungan itu sebagai salah satu upaya sosoalisasi pelaksanaan Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak tahun 2021. Dan, kegiatan tersebut tetap menerapkan protokoler kesehatan covid-19.

Di sampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Abdul Rohman, sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman bagi seluruh kuwu dan perangkat desa yang akan melaksanakan Pilwu serentak, supaya dalam pelaksanaannya tertib, aman dan kondusif, sesuai prosedur dan tidak menabrak aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Lanjut Abdul Rohman, ada beberapa poin yang harus di perhatikan dan di pertegas pada kuwu dan perangkat desa, antara lain, netralitas pasca Pilwu. Pasalnya, tidak sedikit kuwu yang terpilih, memberhentikan perangkat desa tanpa mekanisme yang benar. Sehingga pada perjalanan kepemimpinannya menimbulkan gejolak di masyarakat. Jelas Abdul Rohman, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon kepada media, Jumat (2/7/2021).

Ditambahkan Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, Pilwu serentak tentunya mendapatkan perhatian serius dari Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, mulai sekarang, bisa melakukan pendataan warga yang masuk dalam daftar pemilih, guna meringankan kerja panitia. Jika ada yang belum terdaftar, dapat ditambahkan. Tandasnya.

Diapun memberikan arahan pada saat pelaksanaan Pilwu mendatang, harus menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan 5 M. Lantaran, kata Rohman, pada Pilwu serentak tahun ini, masih dalam pandemi Covid 19, maka prokes harus dilaksanakan di setiap TPS. Sebab, kerumunan bisa menyebabkan bertambahnya kasus Covid 19.

“Kita tunggu Perbup dan mekanisme pelaksanaan Pilwu. Dan, berbagai persiapan perlu dilakukan pihak pemerintah desa saat menyelenggarakan Pilwu nanti,” tuturnya.

Selain itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap jaga kondusivitas, pasca pilwu dan selesai pelaksanaan Pilwu. Ia juga mengkhawatirkan usai pemilihan, akan terjadi pengelompokan di masyarakat dan pemberhentian perangkat desa. Maka, pihak terkait harus mampu mencegah kejadian tersebut.
“Kita semua harus sepakat bahwa pilwu merupakan pesta Rakyat untuk memilih seorang pemimpin seperti yang diharapkan, oleh sebab itu kondusifitas harus diperioritaskan jangan sampai terpecah belah akibat adanya Pilwu.” Harapnya.

Pada saat yang sama, Kuwu Desa Blender, Mohammad Yunus Wachyuddin, mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, di desanya.

Kuwu Yunus pun berharap, pada saat pelaksanaan nanti, situasi dan kondisi tetap kondusif dan terpilih kuwu yang amanah, seperti harapan para wakil Rakyat yang berkunjung. “Pesta Pilwu di desa Blender harus menerapkan prokes covid-19, agar tidak ada lagi warga masyarakat yang terpapar pandemi covid-19.” Ungkapnya. (Red/*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat