Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Google




Google




Kabupaten Cirebon

Ketua PPDI Kecamatan Astanajapura, Darma Saputara, Menghimbau “Perangkat Desa Tetap Bekerja Sesuai Tupoksinya”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Astanajapura.– beredarnya berbagai informasi  terkait adanya pergantian Perangkat Desa, mendapat sorotan dan perhatian khusus dari berbagai pihak, termasuk  kementrian dalam negeri.
Sebuah tradisi dan kebiasaan yang terjadi selama ini adalah, jika dalam sebuah Pemerintahan Desa terjadi pergantian Kuwu, maka pada umumnya terjadi pula pergantian terhadap perangkat Desa.

Dari kejadian tersebut, PP-PPDI ( Pengurus Pusat Persatuan Perangkat Desa Indonesia ) Kecamatan Astanajapura, Darma Saputara, menghimbau kepada seluruh Perangkat Desa agar tetap bekerja seperti biasanya.

“ Kami menghimbau kepada seluruh jajaran perangkat desa untuk tetap bekerja dan masuk Kantor seperti biasanya, jangan terpengaruh dengan adanya wacana pergantian, karena semuanya sudah ada dalam aturan dan ketentuan yang berlaku.” Ungkapnya.

Menurut Darma, sesuai hasil audensi PPDI bersama kementrian dalam negeri, yang telah menghasilkan kesimpulan diantaranya adalah : Kemendagri akan memberikan surat kepada bupati, dimana surat itu mengintruksikan kepada para kuwu, untuk tidak melakukan pemecatan secara sepihak yang tidak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Dan, Jika perangkat desa dipecat secara sepihak dan tidak sesuai dengan aturan, maka segera laporkan kemendagri dengan tembusan PPDI. Bahkan jika ada yang sudah menandatangani surat pengunduran karena dipaksa oleh Kuwu, segera melakukan surat pencabutan pengunduran dirinya, dengan tembusan BPD, Camat, DPMD dan Bupati “  Tandas Darma Saputra. Rabu, (15/01/2020).

Lebih dari itu kata Darma Saputra,  adanya surat keputusan tersebut, dirinya sangat berharap kepada seluruh jajaran perangkat desa untuk tetap bekerja sesuai mekanisme. “ Semua pihak harus menghargai keputusan kuwu, namun jika memang kita merasa masih mampu untuk bekerja dan melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik, maka kitapun harus menajalankan kewajiban kita sebagai perangkat desa. Sedangkan terkait hal lainnya, itu diluar kewenangan kita.

“Lebih baik dan utama adalah kita melaksanakan tugas dan kewajiban  dengan baik semaksimal mungkin untuk mengabdi serta melayani masyarakat, semuanya sudah ada aturan dan undang-undang yang berlaku.“ Jelasnya.( Toto M Said/Bm )

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat