Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Kementrian PUPR Realisasijan P3A Mitra Cai Penggetekan Wenang Jaya Desa Citemu

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Mundu – Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, menerima bantuan pembangunan saluran irigasi desa (Irdes) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2020.

Program P3A Mitra Cai, adalah salah satu program infrastruktur berbasis masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR). P3TGAI dianggarkan dari dana APBN, melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk – Cisanggarung. meliputi enam kabupaten (Kabupaten Garut, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Cirebon dan Kab Kuningan), dengan besar anggaran masing-masing per titiknya Rp 195.000.000,-

Dikatakan Kasi Eksbang Sri Lina Andriyana S.sos, pelaksanaan program P3A Mitra Cai, direalisasikan dalam pembangunan saluran irigasi, kelompok tani dalam masyarakat dilibatkan langsung dengan tujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

” Pembangunan saluran irigasi ini bertujuan untuk memperlancar pengairan saluran air untuk pertanian. Sehingga petani dapat merasa nyaman baik musim hujan ataupun kemarau, karena jalannya saluran pengairan lebih mudah dan tidak sulit.” Kata Sri Lina.

Sedangkan Ketua P3A Mitra Cai Penggetekan Wenang Jaya Desa Citemu Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, melalui kuwu Supriadi selaku pelaksana kegiatan mengatakan bahwa, untuk saluran irigasi untuk dua sisi dilaksanakan secara swakelola. 

Diapun, berharap dengan adanya pembangunan saluran air/irigasi ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas hasil pertanian desa dan para petani hidup makmur dan sejahtera. “Kami, mewakili petani Desa Citemu, mengucapkan terimakasih, kepada pemerintah, khususnya BBWS Cimanuk–Cisanggarung yang telah merealisasikan bantuan Mitra Cai. Semoga bermanfaat dan barokah.” Harapnya. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat