Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Karena Faktor Kesehatan “Warga Sumurkondang Menuntut Pengusaha Kandang Ayam”

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Karangwareng – Warga Desa Sumurkondang , kecamatan Karangwareng, kabupaten Cirebon, mengeluhkan bau kotoran ayam dan menuntut agar pengusaha ayam tidak membuang kotoran ternak di desanya, karena baunya sangat menyengat mengganggu kesehatan dan lingkungan. 

Keluhan tersebut disampaikan Tarmad (60) desa Sumurkondang. Dirinya bersama warga sudah meminta kepada pengusaha ayam, agar tidak membuang kotoran ayam di blok bong, dikarenakan baunya sangat menyengat dan menggangu kesehatan terutama pernapasan. Padahal kata Tarmad, sebelumnya kami semua sudah melarang kepada pengusaha ayam tersebut, akan tetapi yang bersangkutan berdalih sudah mendapat izin dari Kuwu Sumurkondang. Kata Tarmad.  

Terkait adanya keluhan warganya tersebut, kuwu Heriyanto desa Sumurkondang menegaskan, Bahwa pihaknya belum pernah mengijinkan kepada pihak pengusaha untuk membuang kotoran ayam di blok bong, justru saya merasa dibohongi oleh pihak pengusaha. Sebab mereka bilang hanya membuang bekas dedak atau pakan yang terbuang, jadi bukan kotoran ayam.

” Saya sangat menyayangkan adanya hal tersebut, dan sebagai upaya untuk tidak menimbulkan persoalan, maka saya sudah melarang pihak pengusaha ayam untuk tidak membuang kotoran ayam di blok bong. Selain itu, kami pun meminta konfensasi kepada pihak pengusaha, karena selama ini tidak ada konfensasi bagi warga ” Tandas kuwu Heriyanto. Sabtu, (15/02/2020).

Lebih dari itu, diapun menjelaskan, jika pihak pengusaha tidak mau bekerjasama dengan pemdes akan dilakukan penutupan jalan kandang ayam, memang lokasinya tidak berada di desa Sumurkondang, akan tetapi aktifitas transportasinya melalui jalan desa Sumurkondang. Makanya jika tidak ada konfensasi bagi masyarakat kami, tidak salah jika pihaknya melakukan pemasangan patok, agar jalan yang mereka pergunakan tidak bisa dilalui kendaraan besar. Tegasnya. (Toto M Said/A9)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat