Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto Operasi Zebra Lodaya 2019, Gunakan Sistem Inovasi, Instansi dan Personel Gabungan.

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon —  Polres Cirebon menggelar Operasi Zebra Lodaya 2019 mulai 23 Oktober sampai November 2019. Dalam operasi ini akan diberlakukan penindakan berupa teguran hingga tilang bagi pengendara. Selama digelarnya operasi tersebut, pihak kepolisian menggandeng sejumlah elemen penegak hukum lainya seperti Kejaksaan, TNI serta Bapendda wilayah Cirebon dalam penindakannya.

Kasat Lantas Polres Cirebon AKP Asep Nugraha mengatakan, operasi ini digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Operasi Zebra Lodaya 2019 akan digelar selama 14 hari. 

“Kami akan melaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2019 mulai tanggal 23 Oktober 2019 selama 14 Hari dan menetapkan berakhirnya kegiatan Operasi Zebra Lodaya 2019 pada tanggal 5 November 2019. Operasi ini berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia,”  Jelas AKP Asep Nugraha. 

 Selain itu, Kasatlantas Asep Nugrahapun memaparkan, operasi Zebra Lodaya 2019 bertujuan untuk menertibkan pengendara yang tidak menaati sejumlah aturan dan melanggar dalam berkendaraan seperti tidak memakai helm, surat kendaraan tidak lengkap, tidak memiliki sim, pajak mati, membawa sajam, bawa kendaraan mabuk dan lain-lainnya.

“Operasi ini pihaknya lebih mengedepankan pola humanis dalam penindakan, oleh sebab itu, berbagai instansi dilibatkan seperti Propam Polres dan TNI guna mengantisipasi petugas yang disinyalir melakukan penindakan di luar aturan. Asep berharap adanya kesadaran dan tertibnya masyarakat berlalu lintas, agar meminimalisir angka kecelakaan dalam berlalulintas,” ungkapnya.

 Sementara itu, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menyampaikan, operasi zebra lodaya 2019 ini, menggunakan sistem inovasi yang melibatkan berbagai instansi dan personel gabungan. Dimana anggota disebar dan dipisah sesuai prosedur manakala dalam menghentikan kendaraan saat diperiksa.

Ditambahkan Kapolres Suhermanto, dalam pelaksanaan operasi ini akan dilakukan pelayanan bagi pengendara yang pajaknya habis, jadi tidak langsung dilaksanakan tilang melainkan mengarahkan untuk membayar pajak.

 “Akan tetapi apabila pengendara tidak memiliki SIM, maka Anggota polantas akan melaksanakan penindakan dan langsung sidang dan bayar ditempat oleh pihak kejaksaan dan pengadilan. Operasi zebra lodaya ini, selain personil dari polisi, juga melibatkan pihak Bank, Samsat, Pengadilan,  Kejaksaan dan TNI,” Tandas Kapolres Suhermanto. (Red/Tedi S) 

Spread the love

LEAVE A RESPONSE