Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kota cirebon

Kampung KB Bertujuan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

ToyaCirebonOnline.com

Kota Cirebon – Menjadikan masyarakat sejahtera merupakan target dari dibentuknya kampung berkualitas (Kampung KB) di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati usai menghadiri dan mencanangkan pembentukan dan pelantikan kampung KB “Harmonis” di RW 07 Kayuwalang, Kelurahan Karyamulya, Kota Cirebon, Rabu, 9 September 2020.

“Kampung KB ini tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Eti. Saat ini sudah ada 11 kampung KB di Kota Cirebon dan ditargetkan pada 2023 mendatang sudah memiliki 22 kampung KB.

Dengan adanya kampung KB ini maka pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan melalui berbagai sektor. Tidak hanya kesehatan, namun juga pendidikan, sosial, budaya dan lainnya. “Sehingga masyarakat akan menjadi lebih sejahtera,” ungkap Eti.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Cirebon, Suwarso Budi Winarno, SAP., M.Si., menjelaskan bahwa kampung KB dikatakan berhasil saat dilakukan pembinaan lintas sektor. “Sehingga tercipta keluarga yang berkualitas, sejahtera dan mampu menerapkan fungsi-fungsi keluarga,” ungkap Budi.

Seperti fungsi sebagai tempat berlindung, tempat mencurahkan cinta dan kasih sayang, tempat mendapatkan pendidikan, untuk meningkatkan ketahanan keluarga dari pengaruh yang tidak baik dan berbagai fungsi lainnya.

Setelah pembentukan kampung KB, DPPKB Kota Cirebon juga akan membentuk kelompok tri bina. Kelompok ini dibentuk berdasarkan siklus hidup. Yaitu kelompok bina keluarga balita yang dikembangkan untuk mendapatkan generasi berkualitas, kelompok bina keluarga remaja dan kelompok bina lansia.

Kelompok tersebut memberdayakan remaja untuk terhindar dari pernikahan dini, kehamilan yang tidak diinginkan dan penyalahgunaan narkoba. Dan yang terakhir, kelompok bina lansia bertujuan untuk menjaga lansia tetap sehat & produktif di usia senja

Pembentukan beragam kelompok tersebut menurut Budi merupakan media dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas keluarga. “Karena keluarga merupakan pondasi. Seperti kita tahu, pendidikan pertama kita dapatkan dari keluarga,” ungkap Budi.

Sementara itu ketua RW 07 Kelurahan Kayuwalang, Taiman, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ditunjuk sebagai kampung percontohan KB berkualitas 2020. “Insya Allah sekuat tenaga kami akan berjibaku mewujudkan kemajuan di berbagai bidang,” ungkap Taiman. Baik di bidang keagamaan, pendidikan, kasih sayang, perlindungan dan keamanan, pemberdayaan ekonomi dan lingkungan serta lainnya. (*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat