Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Kadis LH Mengapresiasi Kegiatan Anak Muda Gebang

ToyaCirebonOnline.com

Kab.Cirebon, Gebang – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Deny Nurcahya meninjau langsung dan mengapresiasi kreatifitas anak muda Kecamatan Gebang yang merubah jembatan penghubung antara Desa Gebang dengan Desa Gebang Kulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon yang selama ini dijadikan sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar. Kini berubah menjadi jembatan indah, bahkan bisa menjadi tempat selfi. Minggu (06/09/2020).

Dalam kunjungannya, Deny Nurcahya mengatakan, kegiatan yang dipelopori Brother Matic Comunity Gebang, Forkoci dan Karang Taruna Desa Gebang Kulon. Ini merupakan kreativitas anak muda yang perlu menjadi contoh bagi desa lain dalam menjaga lingkungan sampah, salah satunya sungai yang dijadikan sebagai TPS liar oleh warga.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini,  sebagai edukasi bagi masyarakat begitu sangat pentingnya menjaga sungai, dari tempat pembuangan sampah sembarangan. Walaupun, sungai merupakan kewenangan instansi lain namun obyeknya adalah sampah, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan BBWSCC dan Dinas PUPR Kabupaten Cirebon terkait penanganannya.” ungkap Deny.

Selain itu, Deny menambahkan, terkait berapa jumlah objek jembatan dan sungai di Kabupaten Cirebon yang dijadikan oleh masyarakat sebagai TPS liar. dirinya menjelaskan, secara spesifik belum melakukan inventarisir, sebab selama ini Dinas LH masih terfokus kepada sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Dinas LH hanya mengangkut dari TPS maupun TPS liar ke TPA, karena banyaknya TPS dan TPS liar di Kabupaten Cirebon yang sangat banyak. Oleh sebab itu, pihaknya mengarahkan agar pengelolaan sampah bisa diantisipasi oleh masing-masing desa.

“Kedepan penanganan sampah akan diarahkan berbasis desa, sehingga desa bisa mengelola sampahnya sendiri,
LH hanya mengangkut sampah dari TPS ke TPA. ” Katanya.

Sedangkan Kuwu Desa Gebang Kulon, Andi Subandi merasa bersyukur dan bangga, kepada anak-anak muda yang kreatif menyulap jembatan sungai Ciberes dari awalnya sebagai TPS liar menjadi kawasan tempat selfi. ” Ini menjadi salah satu aset dan modal dukungan untuk desa Gebang Kulon menuju desa wisata. ” Tandasnya.

Menurut kuwu Andi, di wilayahnya ada sekitar 4 titik TPS liar dan dua diantaranya termasuk jembatan sungai Ciberes. Dan, jembatan sungai ini, telah disulap menjadi kawasan selfi dari hasil kreatifitas anak-anak muda. Lanjutnya, sebagai kuwu pihaknya, akan mensupport kreatifitas anak- anak muda. Terkait program Pemdes Gebangkulon dalam penanganan sampah, dia mengakui bahwa pada anggaran tahun ini sebenarnya telah mengalokasikan khusus untuk sampah. Namun karena ada pandemi covid-19 anggaran terserap untuk penanganan covid-19 sehingga hanya  sebagian kecil saja yang bisa dialokasikan untuk penanganan sampah.

“Insya Allah tahun depan akan kita maksimalkan anggaran penanganan sampah di Desa Gebang Kulon ini. ” Pungkasnya. (Red/*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat