Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat

Jawa Barat meluncurkan Rebana Metropolitan, Subang Smartpolitan pada WJIS 2020

ToyaCirebonOnline.com

Jawa Barat telah meluncurkan rencana ambisiusnya untuk mengembangkan zona ekonomi baru di bagian timur laut provinsi itu, Rebana Metropolitan, pada KTT Investasi Jawa Barat (WJIS) 2020 yang diadakan pada hari Senin oleh pemerintah provinsi bekerja sama dengan kantor daerah. Bank Indonesia (BI).

“Dengan ini saya mengumumkan kepada dunia dimulainya Rebana Metropolitan, metropolitan ketiga [di Jawa Barat] setelah Bodebek [Bogor, Depok, Bekasi] dan Bandung Raya. Rebana akan kami rancang menjadi metropolitan paling futuristik, terencana, dan berkelanjutan di Indonesia, ”kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya.

Membentang di lahan seluas 43.913 hektar, Rebana Metropolitan akan terdiri dari tujuh lokasi yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang dan Kota Cirebon.

Hub utama ini mencakup bandara internasional besar, Bandara Kertajati, di Majalengka dan Pelabuhan Patimban di Subang, yang telah menyelesaikan tahap pertama konstruksi dan akan diresmikan pada bulan Desember.

Dalam acara peluncuran di ibu kota provinsi Bandung, Ridwan menandatangani kesepakatan MoU (Manajemen Kesepahaman) dengan ketujuh kepala daerah, disaksikan oleh Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Herawanto dan Kepala Badan Penanaman Modal Jawa Barat (DPMPTSP) Noneng Komara.

Ridwan mengatakan proyek tersebut diharapkan dapat menyediakan lima juta lapangan kerja pada akhir tahun 2030 dan mempercepat pertumbuhan ekonomi hingga sepuluh persen per tahun. “Dengan Rebana sebagai mesin, [pertumbuhan ekonomi] akan bergerak lebih cepat. Makanya kita harus dukung, ”ujarnya.

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa keterlibatan warga lokal dalam aglomerasi perkotaan menjadi prioritas utama. “Saya tidak ingin warga hanya menjadi penonton di rumah sendiri. Oleh karena itu, saya meminta Bupati dan Walikota Rebana Metropolitan mempersiapkan SDM di daerahnya masing-masing, ”ujarnya.

Jawa Barat memang menjadi rumah bagi 49,3 juta orang, 38,9 juta di antaranya adalah angkatan kerja muda dengan indeks pembangunan manusia yang dikategorikan tinggi (72,03) pada tahun 2019 menurut Badan Pusat Statistik.

Selain itu, WJIS 2020 juga menandai groundbreaking kota pertama Subang Smartpolitan, salah satu dari 13 kota yang akan dibangun di Rebana. Dalam wawancara lain yang dilakukan awal bulan ini, gubernur mengatakan bahwa Rebana akan dibangun sebagai “aglomerasi kota, bukan hanya pabrik seperti di Bekasi dan Karawang”.

Selain peluncuran Rebana dan Subang Smartpolitan, KTT yang dihadiri oleh ratusan investor asing dan dalam negeri ini juga memiliki rangkaian one-on-one meeting, market sounding dan talkshow, serta kunjungan lapangan. (Alya Nurbaiti / Kontributor) 

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat