Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Jalan Cihoe Kidul Rusak Parah, Pemdes Ciledug Wetan Bersama Warga Langsung Turun Tangan

ToyaCirebonOnline.com


Kab. Cirebon, Ciledug – Sepanjang jalan di blok Cihoe kidul Desa Ciledug Wetan, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, dikeluhkan masyarakat pengguna jalan yang menghubungkan 2 desa antara desa Ciledug Wetan dan Desa Tanjung Anom serta 2 kecamatan Ciledug dan kecamatan Pasaleman. 

Untuk saat ini, kondisi jalan mengalami  kerusakan. Padahal jalan tersebut sebagai salah satu jalan transportasi lintas ekonomi, kesehatan dan sarana akses jalan pendidikan. “Akibat diguyur hujan, akses jalan penghubung ke 2 desa dan 2 kecamatan rusak parah. Sebelumnya jalan yang dibangun tahun lalu, hanya bertahan sekitar satu tahun setelah itu kondisinya sudah rusak. “Sempat dua kali direhab oleh Pemda melalui Dinas PUPR, namun karena hanya rehab ringan dan anggarannya pun sedikit, tentu hal itu tidak bisa menghasilkan mutu jalan sesuai yang diharapkan masyarakat Ciledug Wetan.” jelas Kuwu Sudin kepada CirebonOnline.com.

Diapun menuturkan, nasib jalan sepanjang ini hanya menggantungkan pada kepedulian warga Desa Ciledug Wetan dan donatur, apabila terjadi kerusakan ketika tiba musim penghujan. “Jalan ini, sebagai salah satu jalur transportasi ekonomi masyarakat. Kami berharap Pemkab Cirebon melalui dinas terkait, harus secepatnya memperbaiki. Pasalnya jalan yang berada di blok Cihoe kidul ini merupakan akses yang sangat vital bagi masyarakat sekitar.” tandasnya. 

Kuwu Sudinpun menyampaikan, sebagaimana yang dilakukan oleh pemerintah desa bersama warga beberapah hari lalu. Dimana sebelumnya telah diguyur hujan sehingga jalan menjadi rusak, di beberapah ruas jalan yang pecah akibat terjadi pergeseran tanah dan material tanah terbawah arus banjir saat air hujan mengalir di bantaran jalan.

“Kami bersama aparat Desa, BPD dan seluruh warga turun tangan melakukan kerja bakti untuk meminimalisir kerusakan jalan dan mengalirkan air yang tergenang, sehingga bisa dilalui kenderaan. Mengingat jalan ini adalah tumpuan masyarakat baik masyarakat Desa yang umumnya berprofesi sebagai pedagang (tengkulak-red) komoditi pertanian untuk dijadikan kebutuhan hidup sehari – hari untuk keluarga.” ungkapnya

Hal senada juga dikatakan Kadus Sanudin desa Ciledug Wetan, kelumpuhan jalan ini secara otomatis melumpuhkan perekonomian warga Desa Ciledug Wetan bahkan warga lain yang ada kepentingan bisnis komoditi lainnya. Pihaknya berharap, kondisi jalan Cihoe kepada pihak terkait  saat ini yang dilakukan bukan menunggu sentuhan tapi gerak cepat untuk mengatasi kerusakan jalan dengan cara kerja bakti umum sambil menunggu sentuhan perbaikan jalan dari pemerintah dan instansi terkait.

“Sudah beberapa kali saya komunikasikan hal ini kepada pihak terkait namun kita tidak harus diam saat terjadi kerusakan jalan, mengingat setiap saat jalan ini di pakai oleh masyarakat sehingga harus cepat di antisipasi untuk meminimalisir kerusakannya”, jelas Kadus Sanudin.

Diapun berharap pihak pemerintah terkait tingkat atas dalam hal ini Dinas PUPR dapat menindak lanjutinya dengan melakukan perbaikan sehingga kami tidak lagi kesulitan untuk melalui jalan dan resiko kecelakaan dapat di cegah, tuturnya. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat