Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Kabupaten Cirebon

Jadi Relawan Cleanup Bupati Cirebon, Ikut Pilah Sampah Pada WCD 2020

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Ciledug –  Bupati Cirebon bersama Forkopimda Kabupaten Cirebon. Ikut menjadi relawan Clean up dan pilah sampah pada momen peringatan hari bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD), di Kabupaten Cirebon dipusatkan di lokasi TPS liar perbatasan tiga Kecamatan, Ciledug, Babakan dan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Sabtu (19/09/20).

WCD adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, ras, agama, suku, dan agama. Dalam membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi, relawan clean up dan memilah sampah di Kabupaten Cirebon merupakan bagian dari 13 juta relawan seluruh dunia yang tersebar di 187 negara. Hal tersebut dilakukan Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi M.Ag bersama unsur forkopimda Kabupaten Cirebon.

Disampaikan Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi M.Ag, sampah merupakan persoalan yang harus ditangani bersama-sama baik pemerintah, stakeholder maupun masyarakat. Dirinya mengajak peran kepada pemerintah desa, untuk terlibat dalam penanganan sampah dalam melakukan pengelolaan sampah yang ada di wilayahnya sebagaimana telah dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup).

“Pemkab akan tetap membantu dalam penanganan sampah, jika wilayah tersebut mengalami over kapasitas sampah. “Ungkapnya.

Selain itu Bupati Imron menjelaskan, dalam pengelolaan sampah tersebut, pemerintah desa bisa menggunkaan dana desa. Pasalnya, ada sejumlah desa yang sedang dilakukan percontohan dalam pengelolaan sampah seperti desa di Tengah Tani, Beber dan Plumbon yang sedang menjadi percontohan pengelolaan sampah. Jika ini berhasil, nanti desa lainnya bisa belajar,” Ujarnya.

Lebih penting lagi, masyarakat dapat memelihara dan menjaga lingkungan bersama pemerintah desa ataupun pemerintah daerah. Sebab, kata bupati Imron jika warga tidak memiliki kesadaran, maka program lingkungan tidak akan berjalan. “Kami berharap, masyarakat sadar membuang sampah pada tempatnya.”harapnya.

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, M. Luthfi mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh Pemkab Cirebon dalam upaya penanganan sampah, pertama penataan sarana prasarana TPA dimana rencananya akan ada dua TPA di Kabupaten Cirebon. Kedua infrastruktur angkutan yang saat ini hanya 38, untuk tahun depan ditambah menjadi 80 unit dan yang ketiga tata kelola sampah dirapihkan dari rumah tangga sampai TPA agar lebih tertata lagi. ” Rencana ini akan dilakukan secara bertahap, tahun depan pemerintah Kabupaten Cirebon sudah tidak mengalami persoalan sampah.” Pungkasnya. (Red/*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat