Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Logo

Google




Feed



Logo

Google




Feed



Jawa Barat Kabupaten Cirebon

INDOCEMENT TERIMA KUNKER PANSUS BAPEMPERDA DPRD KAB CIREBON

ToyaCirebonOnline.com

Cirebon, 30 Desember 2019,

Kab. Cirebon, Palimanan – PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Pabrik Cirebon, menerima kunjungan kerja Pansus Bapemperda DPRD, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan Hukum serta tim dari Kecamatan Gempol di Lobby Main Office Indocement.

Nova Fikrotushofiyah, Lc (PKS) wakil ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Cirebon menyampaikan bahwa tahun 2020 DPRD akan membuat program perda terkait pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang bertujuan mengurangi timbunan sampah di kab. Cirebon agar tidak ada lagi sebutan Cirebon darurat sampah.

Ditambahkan Hermanto dari Komisi III Partai Nasdem, sampah rumah tangga mencapai 150 Ton perhari dan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) hanya satu lokasi dikabupaten Cirebon sehingga tidak pernah tuntas menangani dan mengelola sampah di Kabupaten Cirebon, sedangkan idealnya pembuangan sampah berjarak 20 KM di lokasi TPS, jelas Hermanto.

Sementara itu, Otto Ahadijat Assistant to General Manager, memaparkan sistem pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Indocement sejak tahun 2008 bekerjasama dengan Bumdes Palimanan Barat dengan mengelola sampah rumah tangga dari desa sekitar di Kecamatan Gempol. ” Kami lakukan pengolahan sampah sejak tahun 2008 yang menghasilkan RDF dan Biomas serta kompos yang dimanfaatkan oleh Indocement untuk bahan bakar alternatif dan pupuk tanaman.” Tandas Otot Ahadijat.

Selain itu, Nyi Erna Listianingrum (SHE Dept) juga menyampaikan selain membina bank sampah di desa sekitar pabrik di internal Indocement juga mengembangkan bank sampah yang beranggotakan Office Boy (OB) dari tiap departemen. Pengolahan sampah di Indocement sudah membantu mengatasi sampah di Kabupaten Cirebon. sekitar 3-4%. Karena bahan bakar alternatif dari pengolahan sampah dimanfaatkan oleh Indocement mencapai 4 ton perhari dan pupuk kompos sekitar 2 ton perhari yang dihasilkan oleh UPS, kata Erna

Disampaikan Khanafi dari Partai Golkar, bahwa Indocement menangani sampah di lingkungan sekitar perusahaan sudah bagus dan sangat membantu Kabupaten Cirebon tapi alangkah baiknya kita bersama-sama antara perusahan yang ada di Kabupaten Cirebon dan pemerintah daerah pada tahun 2020 nanti bisa mangatasi sampah secara bersama sama baik cara pengelolaan maupun pemanfaatannya.

Bahkan Agus Triwono (Supply Dept) menyatakan, Indocement siap memanfaatkan berbagai jenis bahan bakar alternatif seperti Serbuk Gergaji, Sekam Padi, Biomas, RDF, coffee shell, kertas, karet, plastic kresek dll. Namun semua itu harus sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan khususnya ukurannya harus kecil dan kadar airnya harus rendah.tegas Agus (Emonef)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat