Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Berita Cirebon Berita Nasional

Ikan Dewa dan Sumur Tujuh Pemikat Obyek Wisata Cibulan

Kuningan – Cirebon Online

Kabupaten Kuningan mempunyai pesona tersendiri dengan objek wisata Cibulan di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana. Di objek wisata Cibulan, terasa sejuk tenang dan damai apalagi kalau kita berenang di air jernih Gunung Ciremai, sambil ditemani Ikan Dewa berukuran besar sekaligus berwisata religi mengunjungi tujuh sumur keramat petilasan Prabu Siliwangi.

Saat memasuki objek wisata Cibulan, wisatawan lokal dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 untuk dewasa dan Rp18.000 untuk anak-anak fitambsh parkir kendaraan mobil Rp 5.000. Wisatawan /pengunjung bebas mandi dan berenang bersama ikan kancra bodas (putih) atau terkenal dengan ikan dewa di tambah sejuknya air yang jernih dari sumber gunung Ciremai tanpa melalui proses kimia di kolam renang Cibulan.

Dikatakan prmandu wisata pa Badra,  objek wisata Cibulan tak bisa dipisahkan dengan kehadiran Ikan Dewa atau ikan Kancra Bodas (Labeobarbus dournesis). “Ikan Dewa ini adalah salah satu pemikat objek wisata Cibulan. Sehingga, banyak pelancong yang mau kembali datang ke objek wisata ini selain merasakan keseruan sensasi berenang bersama ikan keramat tersebut, pengunjung juga bisa berfoto atau mencium ikan yang konon merupakan jelmaan dari para prajurit Prabu Siliwangi. ” jelas Pa Badra.
Ditambahkan pa Badra,  objek wisata Cibulan juga terkenal dengan keberadaan tujuh sumur keramat yang konon merupakan petilasan Prabu Siliwangi. Sumur itupun dipercaya memberi khasiat, dan Sumur-sumur tersebut mempunyai nama dan keampuhan khasiat masing-masing, seperti Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.   Bahkan keberadaan sumur tujuh Cibulan ini pun tersohor hingga banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. Tak terkecuali para pejabat, artis, hingga anggota DPR. Termasuk para calon bupati, walikota, gubernur dan beberapa calon presiden pun pernah datang ke sumur keramat tersebut.  Ungkap pa Badra. (Toto M Said)

Spread the love

1 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Open chat