Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

HM. Ujang Busthomi, Menanam Tanaman Porang Bahan Penguat Lem dan Mie.

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Tanaman porang yang hidup di hutan tropis ternyata memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan untuk usaha dan bisnis, karena manfaat dari tanaman porang dapat dijadikan bahan penguat Lem dan mie. Disamping itu tanaman porang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

HM. Ustad Ujang Bhustomi bersama Camat August F, Kapolsek Mundu Ade Subandi, Kuwu Munadi Desa Sinarrancang dan Ketua BPD Kang Sata. Saat melakukan penanaman tanaman porang. Selasa (18/02/2020).

Dikatakan tokoh masyarakat Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, HM. Ujang Busthomi,  tanaman porang ini dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja, akan tetapi untuk  usaha budidaya menghasilkan panen yang maksimal, perlu diperhatikan iklim, keadaan tanah dan kondisi lingkungan. Ungkapnya.

Lebih dari itu, pimpinan Padepokan Anti Galau Al Busthomi ini menjelaskan, tanaman porang sangat cocok dengan kondisi tanah yang gembur dan lingkungan yang minim kebakaran. “Iklim yang teduh seperti di desa ini sangat cocok ditanami pohon porang, maka saya berinisiatip menanam budidaya pohon tersebut pada lahan sekitar satu hektar.” Jelas H. Ujang Bhustomi, Selasa (18/2/2020).

Pada kesempatan itu, Camat Mundu, August Pentristianto, menuturkan adanya tanaman porang di kecamatan Mundu, ini menjadi tanaman perdana penanamannya. Keistimewaan tanaman porang ini memiliki nilai jual yang tinggi, yakni kisaran Rp 14.000 perkilogram. Maka dari itu, diharapkan masyarakat lain bisa ambil contoh apa yang dilakukan H. Ustad Ujang Bhustomi untuk meningkatkan ekonomi warga desa.

” Tanaman porang harus dibudidayakan untuk meningkatkan ekonomi dan usaha di kecamatan Mundu. Ini, perlu untuk dikembangkan menjadi ekonomi desa dan warga,” Tandasnya. (Toto M Said/*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat