Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Hilal Hanya Di Pantai Baro Gebang “Lokasi Strategis Untuk Memantau Rukyatul Hilal Awal Ramadhan”

CirebonOnline

Kab. Cirebon, Gebang – Di pantai Baro Gebang, Badan Hisab dan Rukyatul Hilal  Kabupaten Cirebon melaksanakan pemantauan Hilal untuk melihat secara jelas penampakan pertanda awal bulan Ramadhan bagi umat islam. Rukyatul Hilal tersebut dengan menggunakan dua metode sekaligus yang berlangsung di desa Gebang Ilir, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Senin (12/4/2021).

Untuk menentukan awal Ramadhan, pantai Baro Gebang masih menjadi tempat pemantauan Hilal. Badan Hisab dan Rukyatul Hilal Kabupaten Cirebon menggunakan dua metode sekaligus untuk melihat penampakan Hilal di bulan Suci Ramadhan 1422 Hijriyah. Kata KH. Samsudin ketua Badan Hisab dan Rukyatul Hilal Kabupaten Cirebon, kepada media.

Menurut KH. Samsudin, kegiatan ini bekerja sama dengan perguruan tinggi serta Pondok Pesantren untuk melihat bersama dan memantau menandakan awal Ramadhan 1442 H. bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah shoum di bulan Suci Ramadhan.

Diapun menjelaskan, bahwa di wilayah III Cirebon, proses pemantauan Hilal hanya dilakukan di pantai Baro Gebang karena lokasinya di nilai strategis untuk memantau Bulan muda terutama pertanda awal Ramadhan.

“Kami menggunakan pemantauan Hilal di pantai Baro Gebang, dengan metode klasik yaitu melihat Bulan dengan mata telanjang dan menggunakan tekhnologi Teleskop.” Ungkapnya.

Ditambahkan KH. Samsudin, hilal di pantai Baro Gebang terakhir terlihat pada 2015 lalu dan terakhir dari 5 tahun itu sampai sekarang belum melihat lagi Hilal. “Hilal tak pernah lagi terlihat, karena berbagai kendala diantaranya cuaca yang selalu menyelimuti seperti awan dan kabut serta lainnya.” Tandasnya. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat