Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

Hasil Seleksi Open Bidding, dari Sembilan Jabatan Strategis Di Pemkab Cirebon

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon – Di gelarnya mutasi pejabat di tatanan Pemerintah Kabupaten Cirebon, sebanyak 492 Pegawai Negeri Sipil (PNS) berganti posisi, 23 salah satunya adalah pejabat Eselon II setingkat kepala dinas. Sedangkan masyarakat dan pemdes tengah di giatkan penyemprotan pencegahan wabah Corona Virus Disease (Covid-19). Jumat (03/04/2020).


Mutasi posisi kepala dinas, 9 dari 23 PNS eselon II yang dilantik adalah pejabat hasil seleksi terbuka open bidding, dari Sembilan jabatan strategis setingkat kepala dinas sebelumnya mengalami kekosongan karena pensiun dan meninggal dunia. Bahkan dari jabatan melalui open bidding tersebut, berbagai kritikan aktivis, media, anggota dewan dan kalangan birokrat mewarnai perjalanan mutasi dan rotasi Pemkab Cirebon.

Sedangkan hasil Open bidding dari data yang dihimpun Kreator Jabar dan media lain. Jabatan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) di pimpin Drs Iyan Ediyana MM MSi. Jabatan Sekertaris DPRD Kabupaten Cirebon atau Sekwan Ikin Asikin SSos MSi yang sebelumnya menjabat Camat Greged. Posisi Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kemasyarakatan hasil open bidding eks Plt Sekwan, Asep Pamungkas SP  MP. Jabatan Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas diduduki Iwan Ridwan Hardiawan Ssos yang sebelumnya menjabat Kabag Humas Setda.

Selain itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dijabat H Imam Ustadi SSi MSi yang sebelumnya menjabat sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub). Jabatan lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup ada nama Dr Deni Nurcahya ST MSi yang sebelumnya merupakan pejabat di Pemkab Kuningan dengan jabatan kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup.

Eks Kepala BPBD Drs Dadang Suhendra MSi, menjadi Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dijabat eks Camat Plumbon M Ferry Afrudin SSTP. Terakhir posisi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang diabat Dr H Hilmi Riva’i MPd yang jabatan terakhirnya adalah kepala Kemenag Kabupaten Sukabumi.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, bahwa proses open bidding sudah dilakukan secara terbuka. Bahkan, kata Rahmat Ditemani, selain seleksi dari Pemprov Jabar, bupati Imronpun meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendampingi dan memantau prosesnya.

Lebih lanjut, dipaparkan pada saat itu oleh Sekretaris BKPSDM yang menjadi Kepala Bidang Mutasi dan Kepangkatan BKPSDM, Sri Darmanto SSos MPSSp, kepada media memastikan prosesnya terbuka. Mulai dari pendaftaran pada tanggal 28 Oktober sampai 11 Nopember 2019 sampai hasil seleksi akan diumumkan.

Ditambahkan Sri, untuk persyaratan dan mekanisme para calon pelamar semua melalui website BKD Jabar. Bahkan yang terlibat dalam Pansel dari Provinsi Jawa Barat diantaranya Kepala BKD Jabar Yeri Yanuar selaku ketua Pansel, dan anggotanya Inspektur Provinsi Jawa Barat Ferry Sofwan A, Kepala Kantor Regional III BKN Bandung Jawa Barat Imas Sukmariah, serta dua dari akademisi yakni Guru Besar Universitas Parahiyangan Prof Asep Warlan dan Ketua STIA LAN Bandung Prof Deddy Mulyadi. ” Mereka menilai dan memilih sejumlah pelamar yang benar-benar kompeten dan hasilnya ditentukan tiga besar terbaik. Tiga nama yang terpilih diserahkan ke bupati sebagai yang berhak memilih 1 di antara 3 terbaik.” jelas Sri Darmanto (*)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat