Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Feed



Google




Feed



Google




Berita Cirebon Berita Nasional

Gejog Lesung Yogyakarta Warnai Uniknya Wisata Gua Pindul.

CirebonOnline

Yogyakarta – Gejog Lesung Yogyakarta adalah kesenian tradisional berupa permainan instrument musik perkusi menggunakan alat penumbuk padi tradisional (lesung dan alu/antan) yang berkembang dalam masyarakat agraris di berbagai kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)–meliputi  Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul,  Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Sleman.

Gejog Lesung dimainkan oleh 4-5 orang atau lebih tergantung besar lesung yang digunakan. Secara bergantian mereka memukuli lesung dengan alu/antan pada bagian atas, samping, tengah, atau tepat pada bagian cekungan sedemikian rupa sehingga menimbulkan suara “thok thek thok thek” bersahut-sahutan yang berirama unik sekaligus indah

Desa Bejiharjo ini berpenduduk lebih dari 1600 orang dan merupakan desa berkependudukan terbanyak di Kecamatan Karangmojo. Sebagian besar merupakan petani namun banyak pula yang menjadi pengrajin, PNS, maupun Berwiraswasta. Desa ini terdiri atas 20 dusun. Suasana gotong royong dan kerukunan sangat kental didesa.

Selain itu, Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ternyata Pemenang Pertama dari 10 (sepuluh) Desa Wisata tahun 2012 di Indonesia, yang berhasil meraih penghargaan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia.

Dikatakan panitia wisata Gua Pinggul Aris, bahwa, Desa Bejiharjo telah terdaftar secara resmi sebagai desa budaya di kabupaten Gunungkidul bersama dengan 10 desa lainnya. saat ini, beberapa potensi wisata telah dikelola secara swadaya oleh masyarakat dengan bimbingan dari dinas pariwisata setempat termasuk Gua Pindul.

Lanjut Aris, banyaknya kesenian yang dimiliki desa ini menjadikannya satu dari sepuluh desa yang terdaftar secara resmi sebagai desa budaya di Kabupaten Gunungkidul. Beberapa kesenian yang terdapat di desa ini antara lain musik gejog lesung (atraksi para perempuan memukul lesung dengan alu beramai-ramai), permainan egrang, cokekan, reog, doger, sinden dan gamelan, wayang kulit, dan wayang beber. Kesenian yang menjadi ciri khas Desa Bejiharjo yaitu wayang beber. ungkapnya. (Toto M Said)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat