Cirebon Online

Berita Cirebon Terkini

Google




Google




Jawa Barat Kabupaten Cirebon

FKWSG Akan Meriahkan Haul Pangeran Sutajaya

FKWSG Gelar Haul Pangeran Sutajaya

ToyaCirebonOnline.com

Kab. Cirebon, Gebang – Forum Komunikasi Warga Sutajaya Gebang (FKWSG) menggelar kegiatan haul Pangeran Sutajaya dan Pangeran Penganten kelima yang akan dilaksanakan sabtu-minggu (23-24/11/2019) dengan agenda kegiatan yang akan digelar. Hal itu disampaikan ketua FKWSG, H Tarmadi saat menggelar rapat persiapan, Rabu malam (21/11/2019).

Dikatakan Ketua pelaksana acara, Hery Maulana, gelaran acara akan dimulai pada sabtu pagi (23/11/2019) dengan acara pawai kebudayaan yang sebelumnya dibuka dengan tawasul dan doa bersama di makam situs Pangeran Sutajaya. Selanjutnya pada pelaksanaan pawai pihak panitia telah menyiapkan sekitar 42 kuda untuk Bupati Cirebon, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon,  para kuwu sekecamatan gebang dan para tamu, dengan menghadirkan juga paksi nagaliman yang akan dinaiki Pangeran patih Qodiron dari Kesultanan Cirebon yang juga merupakan keturunan Pinageran Gebang disusul beberapa kesenian dan kebudayaan Cirebon timur. Diperkirakan akan diikuti sekitar 50 ribu orang dari berbagai elemen dan lapisan masyarakat se Kecamatan Gebang.

“Acara ini, akan dilanjutkan keesokan harinya, minggu (24/11) dengan pagelaran festival burok, sunatan masal dan kegiatan sosial lainnya kemudian ditutup acara inti pada malam harinya dengan acara pengajian akbar. ” Jelas Hery.

Sementara itu Ketua FKWSG, H. Tarmadi, memaparkan, acara haul Pangeran Sutajaya dan Pangeran Penganten bertujuan mengungkap kembali sejarah yang terpendam dan mengenang perjuangan para pendahulu yang merupakan pendiri Gebang.
“Dari haul ini kita bisa mengambil hikmah yakni bisa melihat kembali sejarah Gebang yang sudah lama terpendam. Dan mungkin di zaman sekarang banyak yang tidak tahu sejarah ini. Untuk itu kita bisa munculkan kembali untuk dikembangkan dan dikenalkan kembali sisi historis ini, “ungkapnya

Lebih dari itu, H. Tarmadi, mengharapkan acara ini dapat memunculkan keberkahan untuk semua. “Semoga kita juga mendapatkan barokah dari Allah karena kita sebagai manusia dan keturunan Mbah Sutajaya dan Pangeran Penganten masih mendoakan dan menghormati para sesepuh kita yang sudah meninggal dunia. Sebab mereka sudah berjasa membangun, membabad alas wilayah Gebang, hingga sampai sekarang menjadi daerah kediaman kita yang tercinta ini,” Ungkapnya.

Ia juga menambahkan, beberapa rentetan akan digelar antara lain pagelaran seni budaya seperti tari topeng dari Losari, Gending Caruban, drama kolosal, yang nantinya akan diperankan oleh para tokoh-tokoh masyarakat Gebang, para kuwu, perangkat desa, pembina dari koramil. diharapkannya dengan digelarnya peringatan haul tersebut, semua warga Gebang dan sekitarnya untuk bisa menyaksikan suguhan spektakuler kolosal tersebut. Tak sampai disitu, acara juga akan dimeriahkan oleh para pelaku seni borok yang hadir di kirab budaya. “Saya inginkan, semuanya bisa ikut memeriahkan acara tersebut, untuk diketahui yang menjadi tata kelola dalam acara nanti adalah teman-teman dari KMCT, ” Tutur H. Tarmadi. (Red/Rls N)

Spread the love

LEAVE A RESPONSE

Open chat